Karhutla, 33 Titik Panas Tersebar di Enam Daerah Riau

karhutla-bengkalis_1.jpg
(ist)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satelit terra dan aqua memantau 33 titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan di sejumlah wilayah Riau. Jumlah titik panas cenderung meningkat dari hari sebelumnya yang sempat menurun hingga 13 titik.

"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru Sukisno, Kamis, 28 Maret 2019.

Sukisno menjelaskan, titik panas terdeteksi di enam wilayah yakni Bengkalis sebelas titik, Meranti delapan titik, Dumai tujuh titik, Pelalawan lima titik, Siak dan Indragiri Hilir masing-masing satu titik.

"Tingkat kepercayaan di atas tujuh puluh persen atau sembilas belas titik api," ujarnya.


Kebakaran lahan di sejumlah daerah turut menurunkan kualitas dan udara dan jarak pandan di sejumlah wilayah seperti Pekanbaru 8 kilomater, Rengat dan Pelalawan masing-masing 5 kilomater akibat udara kabur, sedangkan Dumai 3 kilomater lantaran diselimuti asap.

Secara umum cuaca cerah Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau.

"Suhu udara 23.0 – 35.0 derajat celcius."

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mencatat luas lahan terbakar diRiau hingga kini mencapai 2700 hektare. Kebakaran lahan dominan terjadi di wilayah pesisir seperti Bengkalis, Dumai dan Meranti.