Aktual, Independen dan Terpercaya


Selesaikan Persoalan Lingkungan, Poros Hijau Deklarasi Dukung Jokowi

poros-hijau.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah masyarakat Pekanbaru kembali melakukan deklarasi dukungan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk melanjutkan pemerintahannya lima tahun ke depan.

Relawan yang menanamkan diri Poros Hijau Indonesia ini mengaku mendukung Jokowi untuk melanjutkan pemerintahannya karena dinilai serius dan berani menangani redistribusi lahan untuk rakyat secara merata, termasuk masyarakat Riau.

Deklarasi ini dilakukan Poros Hijau Indonesia setelah menggelar diskusi tentang redistribusi lahan di Riau menghadirkan Staf Ahli Kantor Presiden RI Abetnego Tarigan bersama aktivis lingkungan lainnya.

Pengurus Poros Hijau Indonesia, Eko Handiko Purnomo mengatakan, pihaknya menganggap Jokowi mampu menunjukkan komitmen yang tegas terhadap ketimpangan penguasaan lahan, kebakaran hutan dan penyelesaian konflik di sektor kehutanan.

"Komitmen tegas dari Presiden Jokowi tersebut tidak saja ditunjukkan dengan dikeluarkannya kebijakan dan regulasi terkait, tetapi juga ditunjukkan dengan kerja nyata dilapangan," ungkap Eko, Rabu, 13 Maret 2019.

Jokowi, lanjutnya, membuat program reformasi agraria dalam upaya penyelesaian segala permasalahan terkait lingkungan dalam bentuk penerbitan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat dan penetapan tanah objek reformasi agraria (TORA).

"Tahun 2017 lalu saja, ia telah mengidentifikasi dan menetapkan potensi TORA seluas 800.000 hektar yang akan dilepaskan dari kawasan hutan, dan potensi perhutanan sosial seluas 1,4 juta hektar," ujarnya.