Riau Fokus Tuntaskan Masalah Stunting di Kampar dan Rokan Hulu

Kadiskes-Riau-Mimi-Yuliani.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau mengaku, pada tahun 2019 akan fokus menuntaskan masalah stunting (kerdil) hingga mencakup di dua wilayah sekaligus.

Wilayah itu diantaranya Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu. Kepala Dinkes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan penetapan dua bagian itu sudah merupakan bentuk intervensi dari Kabupaten dan Kota yang menginginkan penyebarannya tidak semakin meluas.

"Karena untuk setiap tahunnya ada intervensi supaya tidak ada peningkatan stunting di Riau. Selain itu penetapannya juga dilakukan dari hasil penelitian pusat data informasi Depkes," sebutnya, Rabu, 13 Maret 2019.

Untuk tahun 2018 silam, Dinkes Riau fokus menangani 100 kasus di 12 Kabupaten dan Kota. Sedangkan saat ini, bertambah menjadi 60 kasus sehingga dipastikan berada di angka 160.

Stunting merupakan masalah kesehatan diderita oleh bayi maupun anak-anak. Disebabkan oleh kurangnya nutrisi seperti lemak, karbohidrat dan protein. Dampaknya pertumbuhan mereka terhambat sehingga tidak memiliki tinggi ideal.