Damkar, Satpol PP dan Linmas Diminta Terlibat Pengamanan Pemilu

damkar-satpol-pp.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri, Thajo Kumolo berharap Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) lebih bersinergi memenuhi kebutuhan dan membantu masyarakat.

Seperti pemberdayaan masyarakat, menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, perlindungan, melakukan evaluasi dan pelaporan sampai melakukan pencegahan tindak pelanggaran lainnya.

Karena menurutnya, tiga instansi ini mempunyai fungsi untuk dapat melindungi serta memberikan rasa aman, nyaman kepada rakyat.

"Damkar, Satpol PP dan Linmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat. Sekecil apapun yang diperlukan oleh warga di suatu kota, mereka harus bisa terjun semaksimal yang mampu melakukannya," katanya seusai memimpin apel HUT Damkar, di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Rabu, 6 Maret 2019.

Tak hanya itu, Dinas ini juga diharapkan mampu terjun dan terlibat dalam pengamanan pesta demokrasi tahun 2019 yang sebentar lagi akan terselenggara dengan berkoordinasi dengan TNI dan Polri.

"Kemudian dalam mensukseskan pemilu, mereka harus melekat pada Polres dan Polda setempat untuk tingkatan koordinasinya. Bisa melakukan penjagaan di TPS sampai tempat-tempat vital. Itu ada di undang-undang," imbuhnya.