Lewat Workshop Monolog, Suku Seni Menggali Potensi Aktor Baru di Riau

monolog.jpg
(ist)

Laporan : FATMA KUMALA

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rumah Kreatif Suku Seni Riau mengadakan Workshop Monolog untuk pelajar SMA/sederajat di Kota Pekanbaru. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 6-7 Maret 2019 di Rumah Kreatif Suku Seni Riau Jalan Amal Ikhlas No.11 Air Dingin, Pekanbaru. Sementara, untuk pendaftaran telah di buka sejak pertengahan Februari.

Menurut Ketua Pelaksana, Adek Faesal Usman workshop Monolog ini mengundang seluruh pelajar SMA/sederajat di Kota Pekanbaru. Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, peserta hanya perlu mengeluarkan biaya kontribusi sebesar Rp100.000.

“Kami mengadakan workshop Monolog ini mengingat dalam beberapa bulan ke depan akan ada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan diikuti oleh pelajar SMA/sederajat. Nah, cabang lombanya ada monolog, makanya kami berani menargetkan untuk SMA se Pekanbaru,” katanya, Selasa 19 Februari 2019.

Disampaikan Adek Faesal, selain ilmu akting, peserta workshop nantinya juga akan mendapatkan kudapan, makan siang dan sertifikat.

“Ya nanti peserta akan dapat ilmu tentang seni peran, dan yang lebih didalami dalam workshop itu adalah monolog yang notabene termasuk seni peran. Monolog itu adalah seni peran yang dimainkan secara personal. Aktor monolog harus memiliki banyak karakter ketika bermain, di sana keaktoran seseorang dituntut untuk memerankan naskah monolog yang tergolong lebih rumit dari naskah seni peran lainnya,” jelas Faesal.

Terpisah, Kepala Suku Seni Riau Marhalim Zaini menyebutkan Workshop Monolog bertujuan untuk melacak potensi aktor di Riau dari generasi terbaru. Monolog merupakan salah satu seni peran yang dapat menguji keaktoran seseorang dalam berakting. Hal tersebut didukung dengan penyelenggaraan FLS2N yang menghadirkan cabang seni monolog.

“Workshop ini menjadi alternatif sekolah yang membutuhkan ruang berlatih monolog. Ya meskipun di Riau monolog belum begitu populer. Dan program workshop ini jadi salah satu upaya mempopulerkannya,” pungkasnya.

Pendaftaran workshop dapat dilakukan dengan cara dapat mengisi formulir pada laman https://www.sukuseniriau.org/2019/02/formulir-pendaftaran-workshop-monolog.html

Tidak hanya Workshop Monolog, Rumah Kreatif Suku Seni Riau juga mengadakan Workshop Menulis Buku untuk Guru dan Umum di setiap kabupaten/kota di Riau. Workshop ini sudah dimulai sejak Januari 2019 dan sudah dilaksanakan di lima kabupaten. Di antaranya di Kabupaten Siak, Rengat, Bengkalis, Mandau, dan awal Maret ini di Kuansing

Kemudian Rumah Kreatif Suku Seni Riau juga menggelar Workshop Seni Teater. Kota pertama yang akan menjadi tuan rumah adalah Rengat.

Rumah Kreatif Suku Seni Riau juga membuka kesempatan untuk muda-mudi Pekanbaru yang ingin menjadi anggota Suku dan terlibat dalam kegiatan berkesenian di Suku. Mulai dari seni peran, kelas musik dan kelas menulis kreatif. Untuk itu, bagi yang ingin mendaftar sebagai anggota Suku seni Riau bisa mengakses di https://www.sukuseniriau.org/2019/01/formulir-pendaftaran-anggota-baru.html