BMKG Prediksi Tak Ada Gempa Susulan di Riau

Kantor-BMKG-Stasiun-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi tidak akan terjadi gempa susulan pasca yang terjadi di Kabupaten Kampar, kemarin.

"Kami prediksi tidak ada (gempa susulan)," kata Sukisno, Kepala BMKG Pekanbaru, Minggu, 6 Januari 2019.

Namun, imbuhnya, gempa lainnya masih berpotensi terjadi, meski tidak dalam waktu yang dekat. Gempa lanjutan itu pun, ujar Sukisno, akan sama dengan gempa yang terjadi di Kampar kemarin yang dampaknya tidak dirasakan masyarakat.

 

Baca Juga: BPBD Riau Siapkan Alat Dan Personil Jika Gempa Susulan Landa Kampar Dan Rohul

 

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena gempa kemarin. Gempa itu kecil skalanya dan sangat dalam jadi tidak berpengaruh," tuturnya.

BMKG mencatat dua kali gempa yang terjadi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Sabtu kemarin. 

Namun, gempa dengan kedalaman lebih dari 240 kilometer tersebut tidak terasa hingga permukaan sehingga tidak berdampak sama sekali. 

Gempa pertama terjadi pada pukul 07.58 WIB, tepatnya pada detik keempat dengan kekuatan 3,9 SR. Lokasi gempa berada di titik koordinat 0,54 LU, 100,86 BT, Barat Laut, Kampar, dengan kedalaman 247 kilometer.

Sementara gempa kedua terjadi pada pukul 07.59 WIB, tepatnya pada detik kelima, dengan kekuatan 3,7 SR. Lokasinya berada di titik koordinat 0,55 LU, 100,76 BT, Barat Laut, Kampar. Berbeda dengan gempa pertama, gempa kedua ini lebih dangkal di kedalaman 241 kilometer.

Gempa yang terjadi di Riau bukan kali saja terjadi. Berdasarkan catatan, pada 13 Januari 2017 silam, gempa serupa pernah terjadi di Kabupaten Rokan Hulu dengan kekuatan 5,3 Skala Richter.

Gempa terjadi pada kedalaman 228 kilometer sehingga tidak menimbulkan getaran. BMKG kala itu menjelaskan gempa tersebut terjadi akibat subduksi pergeseran lempeng Indo Australi dan Eurasia pada koordinat 0.76 Lintang Utara,100.43 Bujur Timur atau sekitar 31 kilometer dari ibu kota Kabupaten Rokan Hulu, Pasir Pangaraian.*

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id