28 Bacalon DPD Riau Lolos Verifikasi Syarat Dukungan

dpd.jpg
(Tanjung)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 19 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPD Riau akhirnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau usai dilakukan verifikasi faktual.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kedua Bakal Calon Perseorangan Peserta Pemilihan Anggota DPD Tahun 2019 yang di gelar di hotel Pangeran, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Seperti yang diketahui, dari 28 Bacaleg yang tersisa hanya ada sekitar 9 Bacaleg yang memenuhi syarat dan 19 dinyatakan belum memenuhi syarat sehingga harus melengkapi syarat dukungan pada verifikasi faktual tahap kedua.

"Ini verifikasi faktual kedua, dan semuanya memenuhi syarat karena mendapat dukungan lebih dari 2000 KTP elektronik, jadi ada total 28 Bacalon, sebelumnya sudah ada 9 yang memenuhi syarat," ungkap Ketua KPU Riau Nurhamin.

Dengan ini, lanjut Nurhamin, selesai sudah tahapan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan Bacalon DPD RI, dan mulai besok akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual syarat calon.

"Tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas calon, kalau sekarang ini hanya syarat dukungan saja," tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KPU lainnya Ilham Muhammad Yatsir menyatakan verifikasi faktual syarat calon akan menentukan nasib para Bacalon, dan hal itu sudah ia sampaikan kepada para Bacalon.

"Ada 21 item yang akan kita periksa, seperti ijazah, SKCK dan lainnya, ada kesalahan satu saja dari berkas calon tersebut maka itu akan sangat fatal," tutupnya.

Adapun 28 Bacalon yang lolos verifikasi faktual diantaranya ialah Suradi, Intsiawati Ayus,M. Rizal Akbar, Zahirman Zabir, Akhyaruddin, Jakiman, Muhammad Ridwan, Yusuf Said, Misharti, Juprizal, Herman Nazar, Abdul Gafar Usman, Muhammada Gazali Lc, Khudri Junid, Syintia Dewi Ananta, Sahat Martin Philip, Saut Sihaloho, Rosti Uli Purba, Jamaris, Herman Gazali, Werkanis As, Asyari Nur, Edi Ahmad R, Chaidir, Agustian Rasmanto, Jefry Noer SH, Edwin Pratama Putra, M. Munif .