Syamsuar Dikenal Sebagai Kepala Daerah yang Peduli Lingkungan

Syamsuar-Ucapkan-Terima-Kasih.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon Gubernur Riau yang kini memperoleh suara terbanyak dari hasil penghitungan cepat Pilkada 2018, Syamsuar dikenal sebagai kepala daerah yang peduli lingkungan jauh sebelum memutuskan maju sebagai calon gubernur. Namun Syamsuar tidak pernah membeberkan serta melibatkan perbaikan lingkungan Riau dari visi dan misi saat melakukan kampanye.

Fakta ini diungkapkan langsung oleh Tokoh masyarakat dari kalangan petani yang juga dianggap sebagai salah satu tokoh dari suku Minang, Fachri Yasin setelah Syamsuar-Edy Natar Nasution unggul dari tiga pasangan lainnya dalam perhitungan cepat baik KPU Riau maupun PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia.

"Saya katakan bahwa kepedulian Syamsuar terhadap kelestarian lingkungan cukup tinggi," katanya, Kamis, 28 Juni 2018.

Fachri membuktikan bahwa pria menjabat sebagai Bupati Siak dua periode ini sukses merangkul LSM di Riau yang peduli terhadap kearifan lokal serta lingkungan hidup Riau.


"Buktinya, beberapa LSM yang ada di Riau ini dirangkulnya dalam rangka pengembangan Siak. Jauh sebelum dirinya mencalonkan diri," katanya bangga.

Tambahnya, dalam pertemuan itu Syamsuar juga telah menjalin kesepakatan atas Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi (RTRWP) Riau tahun 2017-2037 terutama pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

"Pada prinsipnya Syamsuar mendukung terutama terkait dengan RTRW Provinsi Riau," jelasnya.

Ucapan ini diperkuat oleh fakta lainnya sesudah perhitungan cepat Pilkada Riau yang menjatuhkan Syamsuar-Edy Natar Nasution mendapatkan suara terbanyak dari lawan-lawannya.