Perawatan Kecantikan di LN Bikin Indonesia Rugi Hingga Rp 15 Triliun

CANTIK-WANITA.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, MEDAN - Biaya berobat dan perawatan kecantikan yang cukup mahal, sebenarnya merupakan salah satu sumber devisa untuk Indonesia. Sayangnya, sumber ini sering "lolos" karena banyaknya warga Indonesia yang memilih melakukan perawatan di Luar negri (LN).

Pengobatan atau perawatan yang dimaksud seperti perawatan awet muda (anti-aging) terbilang cukup besar, yakni mencapai sekitar Rp15 triliun per tahun.

"Menurut pusat data dunia, jumlah uang yang beredar dalam industri anti-aging memang cukup besar mencapai hingga USD1 triliun," ujar Presiden Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetika dan Regeneratif Indonesia (Perdaweri) Prof A Razak Thaha di Medan, seperti dikutip dari Antaranews, minggu 1 April 2018.

Untuk menekan larinya devisa Indonesia ke luar negeri dan bahkan bisa mendapatkan peluang bisnis itu, maka perlu meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga medis di bidang anti-aging.

Menurut dia, Sumatera Congress of Anti Aging and Aesthetic Medicine (SCAM) 2018 yang digelar di Medan, adalah salah satu upaya Perdaweri untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga medis di bidang anti-aging.

"Semakin baik kualitas pelayanan anti-aging di Indonesia diharapkan semakin sedikit pula masyarakat yang menghabiskan uang di luar negeri untuk mendapatkan layanan anti-aging," katanya.


Untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut) saja, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengakui, berdasarkan data, rata-rata terdapat 1.000 warganya yang memilih ke LN untuk melakukan perawatan ini.

Untuk itu, kata dia, Perdaweri Sumut diharapkan mampu menangkap dan mengembangkan peluang bisnis yang besar dari tren industri anti-aging yang meningkat itu.

Menurut dia, kepedulian masyarakat terhadap perawatan diri dan upaya-upaya untuk mencegah penuaan dini terus meningkat.

Jika pelayanan anti-aging di Sumut ditingkatkan kualitasnya, maka masyarakat tidak perlu ke luar negeri untuk memperoleh layanan tersebut. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id