Aktual, Independen dan Terpercaya


Program Dana Kelurahan Siap Diimpelementasikan

Dana-Kelurahan-Rokan-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPIAPI - Adanya bergulir rencana pemerintah pusat untuk menerapkan alokasi anggaran bagi kelurahan mendapatkan apresiasi yang posifit dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Kebijakan itu dipandang sangat tepat dan baik untuk menjadi bagian dari strategi percepatan pembangunan yang diarahkan langsung ke bagian pemerintahan terkecil berupa kelurahan maupun desa sehingga tidak ada kesan pembangunan hanya bersifat sentralisasi saja. 

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyatakan siap untuk mengimpelementasikan rencana pemerintah tersebut dan melakukan pengawasan guna memastikan program itu benar-benar berjalan dengan optimal dan efektif sesuai dengan peruntukannya.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyambut baik jika memang rencana pemerintah untuk menydiaakan dana bagi kelurahan, sepertimana yang berlaku untuk ditingkatkan desa atau kepenghuluan selama ini.

Program Dana Kelurahan

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin mengatakan pemkab siap jika memang nantinya ada dilakukan program tersebut. Jika memang ada payung hukum, tentunya siap dijalankan. Sejauh ini terang Wabup Rohil untuk kelurahan masih mengacu pada kecamatan dimana kelurahan tersebut berada.

"Kalau memang ada dana bergulir di kelurahan apa salahnya," katanya lagi. Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Jasrianto MSi menerangkan untuk pembangunan di kelurahan maupun kepenghuluan terus ditingkatkan.

Berbagai langkah terus dilakukan baik dari pemkab sendiri maupun dengan adanya program, bantuan dari Pemerintah Propinsi (Pemprov) maupun dari Pusat. Salah satunya terlihat dari program lomba desa/kelurahan.

Dalam kesempatan acara yang sama, yang dihadiri Wabup Jamiludin tersebut turut diserahkan hadiah, tropi dan sertifikat kepada sejumlah kepenghuluan/kelurahan yang ditetapkan sebagai juara dalam lomba desa tersebut.

Program Dana Kelurahan

Untuk juara pertama diraih oleh Kepenghuluan Bangko Lestari dari Kecamatan Bangko Pusako, dan berhak dengan hadiah uang RP30 Juta, tropi dan piala.

"Kegiatan lomba desa ini diwajibkan dari pemerintah, bagaimana setiap desa dapat tampil dengan baik sehingga turut memicu motivasi untuk bekerja dan mempersembahkan yang terbaik," kata Jasrianto MSi. Dengan program yang ada menurutnya merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemerataan pembangunan yang sama di tingkat desa maupun kelurahan.

Untuk diketahui di Kabupaten Rokan Hilir sendiri terdapat belasan kelurahan yang tersebar terutama di kecamatan-kecamatan yang berdekatan dengan pusat pemerintahan. Untuk kegiatan di kelurahan memang tidak memiliki anggaran khusus seperti yang terdapat di desa karena kelurahan untuk anggarannya bersifat dialokasikan dari kecamatan dimana kelurahan tersebut berhimpun. (Adv)