Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemkab Rokan Hilir Mendukung Eksistensi Kalangan Pemuda

Peringatan-Hari-Sumpah-Pemuda.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPIAPI - Pemuda dipandang sebagai salah satu ujung tombak pembangunan, pemuda memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk bersinergis dengan pemerintah.

Pemuda yang selalu punya pikiran kreatif dan inovasi terbaru, dianggap memiliki peluang besar untuk ikut berpartisipasi dan memberikan sumbangsih pemikiran maupun tenaga untuk menjalankan kegiatan yang dilaksanakan.

Akan tetapi, belum banyak pemuda yang menyadari posisi strategisnya tersebut. Karena itulah, sangat penting kesadaran akan pentingnya hari sumpah pemuda diperingati setiap tahunnya. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90, di tingkat kabupaten Rokan Hilir diwarnai dengan pelaksanan apel bersama yang dipusatkan di depan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jalan Merdeka. Begitu bupati Rohil H Suyatno AMp memasuki lapangan upacara, instruksi barisan disiapkan terdengar.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan itu melibatkan pelaksana kalangan pemuda, yang berasal dari sejumlah organisasi seperti KNPI Rohil, Pemuda Pancasila, Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan lain-lain.

Usai pengibaran bendera, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara Bupati Rohil H Suyatno AMp yang diikuti para peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), perwakilan organisasi kepemudaan dan pelajar.

Selain itu turut dilaksanakn pembacaan teks pembukaan UUD 1945 serta teks kongres pemuda 1928.

"Kita semua berhutang budi pada para pemuda yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, membangun kesadaran bangsa Indonesia untuk komitmen menjaga persatuan kesatuan," kata bupati Rokan Hilir H Suyatno.

Hal itu diambil berdasarkan pada pentingnya pembangunan yang melibatkan peran pemuda, sebagai generasi yang intelek, sehat, cerdas, mandiri, demokratis dan berdaya saing serta punya jiwa kepemimpinan, wirausahawan, kepeloporan pada berbagai bidang yang berdasar pada Pancasila, UU 45 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memiliki perhatian untuk bidang kepemudaan maupun pemberdayaan pemuda yang digalakkan dengan cara kegiatan pelatihan, pembinaan maupun bantuan pada organisasi yang bergerak dengan basis masa pemuda.

Salah satu organisasi yang paling sering dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Hal itu tidak terlepas dari kesadaran yang ada dari pemerintah terhadap eksistensi para pemuda.

Keberhasilan suatu daerah tergantung kepada pemimpin dan peran pemudanya. Mustahil sekali kejayaan, dan kemakmuran dicapai apabila peran pemuda tidak bisa memberikan nilai kontribusi. Kontribusi dimaksud adalah sejauh mana kualitas moral dan intelektual generasi muda disumbangkan kepada eksistensi daerah.

Generasi muda merupakan harapan untuk menggantikan mereka yang sudah tua. Sudah sepantasnya generasi muda harus siap melanjutkan bahkan mengembangkan apa yang sudah dilakukan oleh orang sebelumnya.

Hal ini akan terus berjalan sesuai dengan perkembangan zaman dan menjadi pengaruh besar dalam perkembangan sebuah bangsa dan negara ke depan.

Generasi muda yang mempunyai moral atau dalam Islam disebut sebagai akhlak merupakan konsekuensi yang harus ada apabila sebuah bangsa ingin maju dan berkembang.

Tidak akan mungkin negara bisa berkembang apabila generasi muda dari bangsa itu sendiri tidak memiliki akhlak yang mulia tetapi justru mengedepankan kemungkaran menuju kerusakan. (Adv)