Aktual, Independen dan Terpercaya


Pertama Sejak 50 Tahun, Gempa Bumi di Rambah Samo, Rokan Hulu

Gempa-Bumi-Rokan-Hulu.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertama kali dalam sejarah sejak 50 tahun terakhir, mungkin pertama kali, gempa bumi mengguncang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat, 13 Januari 2017, sekitar pukul 16.23 WIB. 

Pusat gempa bumi ini berada di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo dengan kedalaman 228 kilometer. Gempa bumi ini memiliki kekuatan 5,3 Skala Richter (SR). 

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin, mengatakan, gempa tersebut terjadi akibat subdukasi pergeseran lempeng Indo-Australia dan Eurasia pada koordinat 0.76 Lintang Utara, 100.53 Bujur Timur di wilayah daratan.

Baca Juga: Apa Kabar Embung Yang Dikawal Pembuatannya Oleh Jokowi Di Rimbo Panjang?

"Karena pusat subdukasinya sangat dalam dan berkekuatan lemah, gempa tersebut tak begitu bisa dirasakan warga di permukaan," kata Sugarin.

Ia menegaskan, gempa tadi tak menyebabkan tsunami, sehingga masyarakat tak perlu khawatir maupun panik. "Tidak ada potensi tsunami," ujarnya singkat melalui pesan pendek.

Twitter Gempa Bumi Rokan Hulu

Akibat gempa berlangsung selama beberapa detik ini, tidak ada kerusakan terdampak pada bangunan. "Sejauh ini belum ada laporan kerusakan. Tapi dari laporan dari BPBD Rohul, tidak ada korban," jelasnya. 

Sebelumnya, akun Twitter BMKG, menyampaikan: Info Gempa Mag:5.3 SR, 13-Jan-17 16:23:43 WIB, Lok:0.76 LU,100.43 BT (31 km Barat Daya ROKANHULU-RIAU), Kedlmn:228 Km ::BMKG. 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline