Kemeriahan Peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan di Rokan Hilir

Upacara-HUT-Ke-71-RI-di-Rokan-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPI-API - Setiap momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hal yang penting untuk diperingati seluruh elemen, begitu juga Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) .

 

Menyambut peringatan HUT Ke-71 RI berbagai persiapan dilakukan antara lain upacara bendera maupun kegiatan lainnya dipersiapkan dengan sangat matang oleh pemerintah. Tujuannya, agar peringatan HUT RI benar-benar dirasakan secara khidmat oleh seluruh masyarakat.

 

Peringatan HUT Kemerdekaan tahun 2016 ini, Pemkab tetap mengelar kegiatan pawai karnaval menyambut dipusatkan di Kota Bagansiapiapi, Minggu, 14 Agustus 2016 sore.

 

Peserta maupun warga melihat dari dekat acara pawai diikuti ribuan peserta, mulai anak-anak TK hingga siswa SMA se-kecamatan Bangko menampilkan berbagai atraksi, parade baju daerah, kesenian dan lain-lain. Atraksi menarik perhatian adanya adalah marching band dari murid SDN 001 Bagan Kota. Mereka berpakaian lengkap Polisi lalu lintas (Polantas).

 

Untuk rute ditempuh mulai dari depan kantor Bupati di Jalan Merdeka ke Jalan Pahlawan, Bangko, Perdagangan hingga berakhir di Sentosa. 

 

Ibu Bupati Rohil Lepas Balon

KETUA TP PKK Rokan Hilir, Hj Wan Mardiana Suyatno bersiap memotong pita balon tanda dimulainya karnaval 17 Agustus 2016.

 

Pawai dilepas secara resmi oleh Bupati Rohil Suyatno dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua TP-PKK Rohil, Hj Wan Mardiana Suyatno, didampingi Wakil Bupati Jamiluddin, Plt Sekdakab Surya Arfan, Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi SP, Kadisdik Amiruddin, Kapolsek Bangko AKP Agung Triadi dan sejumlah pejabat.

 

"Pawai karnaval pada tahun ini sangat meriah dibandingkan sebelumnya, apalagi jumlahnya sangat banyak," kata Suyatno.

 

Tahun ini peserta mengikuti pawai karnaval jumlahnya lebih kurang 3.000 peserta terdiri dari TK sebanyak 35 Sekolah, SD 26 sekolah, SMP 14 sekolah, dan SMA sebanyak 14 sekolah. 

 

Bupati mengingatkan kepada panitia untuk mengawal jalannya pawai karnaval ini, terutama ketertiban di jalan. Selain itu Suyatno mengharapkan lewat pawai memberikan hiburan dan kebersamaan antarpihak. "Terima kasih kepada seluruh peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

 

Ia sangat bangga melihat pawai kali ini berjalan dengan sukses, tentunya berkat dukungan semua. Panitia, tuturnya, serius melakukan persiapan sehingga penyelenggaraan pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan seperti terlihat sangat luar biasa bukan hanya dari peserta tapi juga masyarakat datang melihat.

 

Suyatno mengatakan, animo masyarakat sangat tinggi setiap ada pawai karnaval, padahal tahun ini Rohil menghadapi defisit anggaran yagn tidak sedikit. Kondisi itu sempat diperkirakan tidak akan membuat pawai berjalan dengan meriah karena adanya pengurangan anggaran maupun keterbatan lain yang harus dihadapi.

 

Tapi tidak disangka peserta pawai membludak mencapai 3.000 lebih, begitu juga masyarakat menyaksikan rela berdesak-desakan dan menahan terik panas.

 

"Memang sepertinya situasi kondisi saat ini tidak memungkinkan tapi semua bersama-sama menyaksikan bagaimana pawai yang dilaksanakan kali ini sangat meriah. Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat maupun panitia telah mempersiapkan dengan serius acara ini. Meriah dan kesan khidmatnya pun ada," katanya.

 

Pemkab, tutur Bupati, juga mengagendakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI kali ini. Seperti dikoordinasikan dengan Camat Bangko akan diselenggarakan hiburan rakyat yang terpusat di kawasan wisata parit Bay Park di Bagansiapiapi.

 

Setelah kegiatan pawai yang berjalan dengan meriah, peringatan HUT Kemerdekaan puncaknya upacara bendera di areal lapangan Purna MTQ di kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi, Rabu, 17 Agustus 2016.

 

Wakil Ketua DPRD Rohil, Suyadi, dipercayakan sebagai pembaca teks Proklamasi. Setelah itu, barisan anggota Paskibra berpakaian seragam putih bergerak teratur dari sisi kanan secara perlahan namun dengan teratur bergerak menuju ke depan panggung utama dimana irup apel HUT RI ke-71 bupati Rokan Hilir H Suyatno berdiri.

 

Seorang anggota Paskibra maju menyodorkan baki kemudian diletakkan bendera merah putih oleh Bupati. Pembawa baki bergerak ke arah barisan pasukan selanjutnya bendera tersebut dipasangkan tiga anggota paskibra seiring dengan kumandang lagu Indonesia Raya.

 

Prosesi pengibaran bendera berlangsung dengan lancar. Pada kesempatan itu hadir jajaran forkompimda Rohil diantaranya kapolres Rohil AKBP Hendri Posma Lubis, kajari Rohil Bima SUprayoga SH, dandim Letkol Arh Bambang Sukisworo dan pejabat lain.

 

Bupati menilai kinerja dan penampilan paskibra sangat baik. Karena itu pula maka pemkab memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam paskibra dengan rekreasi ke Yokyakarta. Setelah apel HUT kemudian Pemkab menggelar acara hiburan rakyat dipusatkan di lokasi wisata Parit Bay Park, Minggu, 21 Agustus 2016.

 

Sejumlah lomba digelar antara lain lomba Pacu sampan, Tangkap itik, pukul bantal dan Panjat Pinang. Partisipasi masyarakat sangat luar biasa untuk ikut memeriahkan acara tersebut salah satunya tampak dari indikasi membludaknya peserta. Lomba pacu sampan misalnya ada 68 kelompok yang mendaftar untuk ikut sementara sampan yang tersedia hanya 10 unit saja.

 

Lomba Pacu Sampan di Rokan Hilir

 LOMBA pacu sampan digelar Pemkab Rohil untuk memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia.

 

"Untuk kedepan kami akan buat lebih banyak lagi sampannya karena jumlah peminat lomba pacu sampan sangat banyak," kata Bupati Suyatno.

 

Menurut Suyatno berkaca dari partisipasi masyarakat maka pemkab akan terus mengadakan kegiatnan acara rakyat untuk 17 Agustus setiap tahunnya di lokasi wisata Parit Bay Park. Bahkan tahun depan dipersiapkan untuk lebih besar dan banyak lagi hadiah yang disediakan.

 

Usai memberikan sambutan bupati juga berkesempatan memasangkan pelampung kepada para peserta tangkap itik yang didominasi kaum ibu-ibu. Jalannya lomba juga berlangsung meriah dan peserta rela basah-basahan untuk menjadi pemenang dengan menangkap itik paling terbanyak. Bupati menegaskan akan tetap mengelar hiburan rakyat setiap tahunnya setelah pelaksanaan apel HUT RI.