Aktual, Independen dan Terpercaya


Dinas PUPR Siagakan 2 UPT Antisipasi Longsor Selama Lebaran Idul Fitri

Jalan-rusak4.jpg
(ISTIMEWA)

Laporan: RICO MARDIANTO 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau menyiagakan sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) guna mengantisipasi terjadinya kerusakan jalan dan bencana longsor jalan provinsi di Riau selama masa lebaran Idul Fitri 2019 ini. 

"Kita ada UPT sudah standby. UPT I meliputi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Pelalawan. Sedangkan UPT II meliputi wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kampar," kata Ketua PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, Rabu, 5 Juni 2019.

Ia mengatakan, terdapat beberapa ruas jalan rawan longsor, terutama di jalur Indragiri Hulu-Indragiri Hilir. Di jalan antara dua kabupaten dilalui Batang Kuantan atau Sungai Indragiri itu, sebagian badan jalan berada di bibir sungai terus terkikis akibat abrasi.

Menurut Dadang, secara umum kondisi jalan-jalan provinsi di Riau sudah baik. Penyebanya, sudah dilakukan peningkatan dan pemeliharaan guna memperlancar arus mudik dan arus balik.

Hingga saat ini, kata Dadang, preservasi jalan terus dilakukan oleh UPT di wilayah setempat.

"UPT saat ini sedang bekerja, memang ada beberapa ruas jalan belum rampung, karena masih menunggu anggaran," lanjut Dadang.

Sebelumnya, anggota Komisi IV DPRD Riau, Abdul Wahid mengingatkan Dinas PUPR Riau untuk mengatasi sejumlah titik rawan di jalan lintas Indragiri Hulu menuju Indragiri Hilir. Sudah tahunan keluhan masyarakat akan ruas jalan provinsi itu.

"Rata-rata yang bagus itu jalan nasional, tapi kalau sudah dari Rengat ke Indragiri Hilir ada beberapa titik rawan, contohnya di Rumbai. Dulu itu jalan nasional, tapi sudah jadi status jalan provinsi sekarang," kata Wahid, Senin, 3 Juni 2019.