ÔĽŅ

Waspada, Pagi Ini Pukul 08.00 WIB Pintu Air Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka

Spillway-Koto-Panjang.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertama kali di tahun 2019, pintu air(Spillway Gate)  Waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (Waduk PLTA) Kota Panjang hari nini, Senin, 4 Februari 2019, pukul 09.00 WIB, akan dibuka secara bertahap hingga akan kelima pintu air.

Pembukaan pintu air Waduk PLTA Koto Panjang ini akibat tingginya intesitas hujan di bagian hulu pada kaki Bukit Barisan, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. 

"Kami perkirakan akibat pintu pelimpahan nanti akan dibuka, diperkirakan tinggi muka air akan naik hingga mencapai 30-60 centimeter," kata Pelaksana Harian (Plh) Manager PLTA Koto Panjang, Frans Boyce Patiharauw, Senin, 4 Februari 2019.

Dampak pembukaan pintu air tersebut berakibat permukaan Sungai Kampar berada di bagian hilir, naik berkisar 30-60 centimeter. Termasuk kemungkinan ancaman banjir menimpa permukiman penduduk pada sepanjang sungai. 

 

Alhasil, akibat muka air naik, dipastikan akan berdampak pada naiknya sudut tingginya air Sungai Kampar yang akan menghambat aktifitas warga seperti perikanan, pemancingan sampai meluapnya air sungai hingga masuk kedalam rumah-rumah warga.

"Oleh sebab itu, kami harapkan kepada pihak yang berwenang untuk dapat berperan banyak dan tetap siaga jika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id