Aktual, Independen dan Terpercaya


Gempa 3,9 SR Guncang Kampar

ILUSTRASI-GEMPABUMI1.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gempa bumi dengan skala 3,9 skala richter (SR) melanda Kabupaten Kampar, Sabtu 5b Januari 2019 pagi. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi dua kali.

Gempa pertama terjadi pada pukul 07.58 WIB, tepatnya pada detik keempat dengan kekuatan 3,9 SR. Lokasi gempa berada di titik koordinat 0,54 LU, 100,86 BT, Barat Laut, Kampar, dengan kedalaman 247 kilometer.

Sementara gempa kedua terjadi pada pukul 07.59 WIB, tepatnya pada detik kelima, dengan kekuatan 3,7 SR. Lokasinya berada di titik koordinat 0,55 LU, 100,76 BT, Barat Laut, Kampar. Berbeda dengan gempat pertama, gempa kedua ini lebih dangkal di kedalaman 241 kilometer.

Informasi gempa tersebut beredar luas di berbagai pengguna meda sosial di Pekanbaru. Informasi yang disampaikan secara berantai tersebut persis dengan informasi diatas. Namun, sejumlah warga baik yang berada di Kota Pekanbaru maupun Kampar, yang secara geografis bertetangga itu mengaku tidak merasakan dampak gempa tersebut.

Bahkan, Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla saat dihubungi sempat mengaku tidak mencatat adanya gempa tersebut. "Kalau 3,9 SR itu harusnya terasa ya. Dan sejah ini di Websiter BMKG juga belum terlihat," kata Mia.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa berdasarkan data BMKG, sedari Sabtu dinihari pukul 04.00 WIB, gempa justru terjadi di Lombok Utara dan berturut-turut terjadi di Halmahera Selatan (Maluku Utara), Kepulauan Talaud (Sulawesi Utara), Maluku Tenggara Barat dan terakhir di NTT.

"Sejauh ini yang dirilis BMKG belum ada di Kampar," lanjut Mia dihubungi wartawan Sabtu siang.

Namun, selang beberapa menit kemudian Mia justru Vadilla membenarkan adanya gempa yang terjadi di wilayah tersebut. Dia mengatakan kedalaman gempa yang mencapai lebih dari 200 kilometer dan termasuk dalam kategori sangat dalam membuat tidak terasa di permukaan.

Selain itu, dia juga menjelaskan harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan BMKG Pusaat untuk memastikan informasi adanya gempa yang terjadi di Kampar tersebut.

"Memang tercatat terjadi gempa di wilayah tersebut, namun kedalaman sangat dalam sehingga tidak terasa hingga ke permukaan," kata Mia usai mengkalrifikasi pernyataan sebelumnya.

"Untuk gempa yang seperti ini kami harus konfirmasi langsung ke pusat gempa di BMKG Pusat Jakarta," lanjutnya. (**)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id