Aktual, Independen dan Terpercaya


Curah Hujan Tinggi di Hulu, PLTA Buka 3 Pintu Pelimpahan

MANAGER-PLTA-Koto-Panjang-Rusdi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, KUOK - Pihak Menejemen PLTA Koto Panjang melakukan pembukaan spillway gate (pintu pelimpahan) 3 pintu sekaligus, yakni pintu 1, 3 dan 5 dengan ketinggian 30 cm dengan asumsi outflow spillway + outflow turbin = 500 m3/detik.

Pembukaan spillway gate, disampaikan Manager PLTA Koto Panjang Rusdi, Minggu, 4 November 2018 siang, sesaat menjelang dibukanya pintu. Pihaknya, juga sudah melayangkan sejumlah surat pemberitahuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Kepolisian serta desa yang berada di sepanjang Sungai Kampar.

"Hasil pemantauan curah hujan di sisi hulu waduk PLTA Koto Panjang sampai siang ini jam 11.00 WIB, dengan inflow rata-rata 24 jam. Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018 sebesar 1300 m3/detik, dengan kenaikan elevasi 82 cm 24 jam, maka hari ini kami akan melakukan pembukaan spillway gate, sesuai SOP surat pemberitahuan juga sudah disampaikan ke pihak terkait," beber Rusdi saat pembukaan pintu pelimpahan di bendungan PLTA Koto Panjang di Desa Merangin, Kecamatan Kuok.

Baca Juga: Waspada, 3 Pintu PLTA Koto Panjang Dibuka

Dirinya juga mengimbau dan berharap masyarakat yang bertempat tinggal dan beraktivitas di sepanjang aliran Sungai Kampar, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan karena dirinya memprediksi permukaan air akan naik sebasar 30 hingga 60 Cm.

Sementara itu, Kades Merangin Yanfernizar menyebutkan sebagai desa pertama yang berdampak kenaikan air sungai pasca dibukanya pintu pelimpahan, kondisi air sungai sudah mulai naik sekitar 30 cm. Namun dirinya memastikan tidak ada kendala di lapangan pasca dibukanya pintu air karena informasi tersebut PLTA sudah mengirimkan surat pemberitahuan.

"Kondisi air sudah naik berkisar 30 cm, secara keseluruhan tidak ada kendala, termasuk 400 unit keramba warga yang berlokasi di sepanjang tepian Sungai Kampar yang terdata oleh Pemdes Merangin, karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya, makanya pemilik keramba sudah menambah tali dan menepikan keramba mereka sebelum dibukanya pintu," tutur Kades. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id