Ziarah di Makam Datuok Tabano, Warga Ungkap Fakta Menarik

Makam-Pahlawan-Datuok-Tabana.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Momen Hari Raya Enam di Kecamatan Bangkinang dimanfaatkan warga untuk berziarah dan mengabadikan kunjungan di makam Pahlawan Datuok Tabano dengan berselfie.

Salah satunya, warga Pekanbaru, Syahril bersama keluarga besarnya mengunjungi makam Pahlawan Kampar terkenal dengan Gandulo Datuok Tabano yang terletak di Pemakaman Dusun Uwai Desa Muara Uwai Bangkinang.

"Kita memang mengidolakan sosok Tuanku Tambusai, apalagi dulu kakek kita juga pejuang, jadi setelah kita menziarahi makam keluarga di Pemakaman Darun, kita langsung ke sini, sudah 4 tahun belakangan ini kita selalu ikut Hari Raya Enam, tapi tahun lalu tak sempat mengunjungi makam Datuok Tabano karena macet," ungkapnya saat ditemui usai berziarah di makam Datuok Tabano, Sabtu, 23 Juni 2018.

Sementara itu, Keponakan Syahril, Agustina, mengungkapkan fakta menarik tentang tempat tinggalnya dengan Datuok Tabano, ia menyebut, gang rumahnya yang terletak di Kota Dumai tersebut diberi nama Datuok Tabano oleh almarhum kakeknya.

Baca Juga Hari Raya Ziarah, Warga Bangkinang Padati Areal Pemakaman

"Gang rumah kita di Dumai diberi nama Datuok Tabano oleh almarhum kakek, letaknya sebelum hotel Grand Zuri, itu ada gang namanya Datuok Tabano, kebetulan kakek kita juga pejuang dahulunya," beber Agustina.

Ia juga mengaku sangat senang bisa mengikuti Hari Raya Enam karena bisa menjadi tempat berkumpul bersama keluarga besar, menurut Agustina, tradisi Hari Raya Enam juga menjadikan masyarakat lebih solid dengan kerjasama mempersiapkan peringatan hari raya enam salah satunya dengan membersihkan areal kuburan dan lingkungan. (*)