Bupati Kampar Ingatkan Kades Gunakakan ADD untuk Bangun Desa

Bupati-Kampar-safari-ramadan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Bupati Kampar Azis Zaenal mengingatkan para Kepala Desa (Kades) untuk fokus menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk membangun desa. Sebab menurut Bupati, ADD dianggarkan untuk memajukan pembangunan desa dan menyejahterakan masyarakat.

Hal ini ditegaskan Bupati dalam sambutannya pada Safari Ramadhan perdana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar di Masjid Jami’ Kecamatan Bangkinang, Selasa, 22 Mei 2018.

Turut hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda Kampar, Sekda Kampar Yusri, Kepala kementerian Agama Kabupaten Kampar Alfian, Asisten Pemerintahaan dan Kesra Setda Kampar Ahmad Yuzar, Anggota DPRD Kampar Hendra Yani, Staf ahli serta pimpin OPD yang tergabung dalam Tim 1 serta Kades se Kecamatan Bangkinang

“Saya ada data bahwa APBD untuk Kecamatan Bangkinang sebesar Rp 8,3 miliar. Jika ditambah dengan dana APBDes maka saya yakin desa ini akan maju pembangunannya, sejahtera masyarakatnya. Pada kesempatan ini saya ingatkan agar penggunaan ADD fokus untuk pembangunan desa," ujar Bupati.

Dalam mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan, Bupati juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk saling berbagi.

Pada rangkaian kegiatan safari Ramadan di Muara Uwai tersebut, Tim I Safari Ramadan Pemkab Kampar juga melakukan Penyerahan bantuan Pemkab Kampar sebesar Rp 15 juta untuk pembangunan Masjid Jami’.

“Mari sejukkan diri di bulan suci Ramadan, jangan ada gaduh. Jika kami salah beri tahu, karena kita satu rumpun, satu keluarga, bantu kami untuk bangun negeri, berikan saran, solusi sehingga Kampar ini maju," ajak Azis.

Rangkaian acara Safari Ramadan juga diisi dengan penyerahan bantuan secara simbolis untuk 10 masyarakat miskin di Kecamatan Bangkinang masing-masing Rp1,5 juta. Dana zakat tersebut sebelumnya dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN). Acara juga diisi dengan dengan Penyerahan 102 E-KTP secara simbolis bagi masyarakat Kecamatan Bangkinang.

Selain bertemu dan bersilahturahmi dengan masyarakat, Bupati Kampar dan rombongan juga berbuka puasa, salat Magrib, Isya berjamaah dan Tarawih bersama masyarakat Desa Muara Uwai.

"Kami sangat berterima kasih atas sambungan Camat, Kades dan masyarakat atas kedatangan kami hari ini," ucap Bupati.

Sebelumnya, Pengurus Masjid Jami' yang juga tokoh masyarakat Zulkifli mengucapkan ucapan terimakasih kepada Bupati Kampar atas pembangunannya turap di tepian Sungai Kampar yang tidak jauh dari bangunan Mesjid.

"Terimakasih atas pembangunan turap Sungai sepanjang 875 meter yang berada pinggir masjid kita ini, mudah-mudahan kedepan semakin banyak pembangunan di Desa Muara Uwai, begitu juga dengan pembangunan Masjid Jami' ini," harapnya.

Sementara itu, Tim II Safari Ramadhan yang dipimpin Wakil Bupati Kampar Catur Susanto melakukan Safari perdana di Masjid Nurul Istiqomah Desa Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar.

Wakil Bupati dalam arahannya berpesan untuk menjaga puasa di bulan yang penuh rahmat serta perbanyak bersyukur.

Dijelaskan Catur Sugeng Safari Ramadan Pemda Kampar ini terbagi dua Tim, tim satu itu di pimpin langsung oleh Bupati Kampar Azis Zaenal kemudian untuk tim dua, saya sendiri selaku Pimpinannya yang kali ini berkunjung ke Masjid Nurul Istiqomah bersama rombongan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lebih jauh Wabup memaparkan, saat ini Pemda Kampar sedang menjalankan pembangunan di semua lini terutama program pembangunan yang tertuang dalam visi dan misi Bupati dengan Program 3i yaitu investasi, Infrastruktur dan pariwisatanya.

"Untuk itu tolong doakan kami agar dapat menjalankan roda pembangunan dengan benar dan amanah," pinta Catur.

Mengakhiri sambutannya Wabup mengingatkan, tahun 2018 merupakan tahun pemilihan Gubernur Riau, untuk itu ia mengajak masyarakat yang memenuhi masjid untuk menyukseskan dan jaga persatuan dan kesatuan.

"Walaupun pilihan kita berbeda tetapi jangan sampai menimbulkan perpecahan dan yang terpenting salurkan hak suara untuk memilih pemimpin," ajak Wabup. (*)