Sampan Hias Akan Meriahkan Iven Balimau Kasai

Rapat-Balimau-Kasai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1439 H/2018 M, iven Tradisi Balimau Kasai di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar dimeriahkan dengan parade Sampan Hias yang dimulai dari Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang dan berhilir sampai Desa Batu Belah Kecamatan Kampar sebagai Pusat kegiatan Balimau Kasai.

Keikutsertaan Parade Sampan Hias di ajang Balimau Kasai lahir dari rapat persiapan pelaksanaan Balimau Kasai yang diadakan di ruang rapat lantai III Komplek Perkantoran Bupati Kampar yang dipimpin oleh Kadis Lingkungan Hidup, Cokroaminoto selaku Ketua Panitia, Jumat, 11 Mei 2018.

"Kegiatan iven tahunan ini juga akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2018 yang dimulai dari Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang kota dan finish di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar, Insya Allah akan dihadiri oleh Plt Gubernur Riau untuk pembukaan Balimau Kasai ini,” Kata Cokroaminoto.

Kegiatan ini, lanjut Kadis akan diikuti oleh seluruh masyarakat yang diawali oleh Sampan Induk yang berisikan musik tradisonal Kampar sebagai pembuka awal barisan kemudian diikuti oleh sampan hias dari Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat.

"Event balimau kasai ini kita mengangkat tema keunikan nilai budaya Kabupaten Kampar Negeri Serambi Mekkahnya Riau, oleh sebab itu ia meminta kepada seluruh peserta dan masyarakat untuk dapat menjunjung tinggi nilai budaya adat istiadat yang dianut oleh masyarakat,” kata Cokro Aminoto.

Ditambahkan Cokro Aminoto bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar mengimbau agar dapat menjaga dan mensukseskan kegiatan ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena dari pengalaman yang sudah-sudah hendaknya dapat dihindari.

"Oleh sebab itu kepanitiaan yang telah dibentuk baik dari Desa Batu belah maupun dari Kabupaten Kampar dapat bekerja semaksimal mungkin, terutama pengamanan di sungai maupun terhadap pengamanan dijalan-jalan,” tambah Cokro lagi.

Sementara itu Plt Kadis Pariwisata Kampar, Heri Susanto menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan telah menjadi tradisi masyarakat yang dilakukan secara turun temurun.

"Kita berupaya saja agar ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kita bentuk pun kegiatan ini tetap berjalan oleh masyarakat,namun untuk tertibnya kita telah lakukan koordinasi antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa," kata Heri Susanto.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Bakri, ia menyebut, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin masyarakat Desa Batu Belah yang sudah dijalani bertahun-tahun.

"Oleh sebab itu karena ini juga merupakan iven daerah kami berharap kegiatan ini dapat memberikan citra kepada masyarkat luar terhadap event ini yang juga dapat mengangkat daerah sebagi tujuan kunjungan wisata," kata Bakri. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id