Aktual, Independen dan Terpercaya

Warga Jauhi Pinggiran Sungai Kampar, PLTA Tambah Pembukaan Pintu Air

Spillway-Koto-Panjang.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Pihak Pengelola waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, hari ini, Sabtu, 4 Maret 2017 akan melakukan penambahan pembukaan pintu air waduk (Spillway) pada pukul 09.00 WIB.

Manager Humas dan SDM PLN Wilayah Riau dan Kepri, Dwi Suryo Abdullah mengatakan penambahan pembukaan pintu air ini dilakukan karena tingginya intensitas curah hujan yang terjadi pada sisi hulu PLTA diiringi dengan air masuk (inflow) yang cukup besar.

"Diwaspadai karena masih tingginya intensitas curah hujan pada sisi hulu PLTA diiringi inflow masuk pada waduk yang cukup besar. Maka akan dilakukan penambahan pembukaan pintu air waduk PLTA Koto Panjang pada pukul 09.00 WIB," kata Dwi Suryo , Sabtu, 4 Maret 2017.

Baca Juga: Pj Bupati Kampar: Warga Tepi Sungai Kampar Waspada, Pintu Air PLTA Dibuka

Dwi Suryo menyebutkan 5 pintu Spillway akan dibuka dengan masing setinggi 60 cm. Sementara, hingga pukul 07.00 WIB, tinggi permukaan air (elevasi) waduk PLTA Koto Panjang sudah mencapai 82.58 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan air masuk (inflow) 3211.07 m3/detik.

"Pembukaan penambahan pintu air dari 60 menuju 120 cm secara bertahap per 10 cm mulai jam 09.00 WIB," katanya

Dwi Suryo menuturkan ketinggian air pada sisi hilir akan bertambah berkisar 60 cm sampai 110 cm dari kondisi saat ini. Untuk itu, ia mengimbau seluruh warga yang tinggal dan beraktivitas di bantaran Sungai Kampar untuk lebih waspada.

Klik Juga: Waspada, Pintu Air PLTA Kotopanjang Dibuka Siang Ini

"Bagi seluruh warga yang tinggal di sekitar sungai kampar diimbau tidak berada di pinggiran sungai kampar mengingat laju arus air sungai dari waduk Koto Panjang sudah deras," tutupnya.

Simak berita Banjir Pangkalan lainnya dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline