Aktual, Independen dan Terpercaya


Usai Video Ayahnya Menangis Viral, Biaya Kuliah Rizki Ditanggung Donatur Sampai Tamat

ayah-nangis.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua calon mahasiswa yang terancam batal kuliah karena uang kuliah yang tidak sesuai dengan kemampuan keuangan keluarga akhirnya bisa melanjutkan kuliahnya.

Dua calon mahasiswa asal Kabupaten Rokan Hulu tersebut ialah, Rizki Romadiah dan Laila Musfidatul Khairat. Keduanya akhirnya mendapatkan bantuan dari beberapa donatur.

Rizki merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, sedangkan Laila anak ke 6 dari 9 bersaudara.

Keduanya berasal dari keluarga yang tidak mampu, dimana ayah Rizki, M Zuhri Pulungan hanya seorang buruh serabutan sedangkan ayah Laila sudah meninggal 11 tahun lalu.

 

Mantan Wapresma UIN Suska Ulul Azmi, yang juga memviralkan video ayah Rizki kepada Riau Online mengatakan, pasca viralnya video tersebut banyak pihak yang menyatakan siap membantu.

"Alhamdulillah, sampai saat ini sudah ada yang menyatakan siap membantu mereka," kata Azmi, Jumat, 19 Juli 2019.

Bantuan tersebut, jelas Azmi, akan diberikan sampai keduanya tamat namun dengan syarat mereka harus bisa menjalankan perkuliahan semester satu dengan baik.

Apabila, keduanya bisa memaksimalkan perkuliahan, maka untuk pembayaran semester kedua akan tetap dibayarkan oleh donatur yang minta identitasnya disembunyikan tersebut.

Tak hanya itu, kata Azmi, sejumlah anak asrama mahad Aljamiah sudah menggelar penggalangan dana dengan berkeliling kampus dan berhasil mengumpulkan dana sekitar 1 juta rupiah dan langsung diserahkan pada keduanya.

"Kita juga sudah kirimkan nomor rekening mereka ke sejumlah donatur yang ingin membantu. Nanti berapapun dikasih bantuan, mereka mau bagi dua," kata Azmi.

Untuk Laila, katanya, ada salah satu penulis di Jakarta langsung mengirim bantuan dana ke rekening Laila cukup untuk membayar uang kuliah satu semester.

Azmi kemudian bercerita kala ia memviralkan video yang didapatnya dari grup wa tersebut, sejumlah anak asrama langsung bergerak mencari keberadaan ayah Rizki, M Zuhri Pulungan.

Saat mengunjungi rumah kakak Rizki di jalan Air Hitam, diketahui ternyata Rizki ke Pekanbaru tidak sendiri melainkan bersama temannya Laila yang ditemani oleh ibunya.

Rizki yang merupakan calon mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia terpaksa membayar biaya UKT IV senilai 2,8 juta rupiah setiap semesternya.

Sedangkan Laila calon mahasiswa Pendidikan Kimia sempat mendapat UKT V, namun sekarang sudah terjadi penurunan ke UKT IV sebesar 3,6 juta rupiah.

"Aturannya memang begitu, kalau calon mahasiswa jalur mandiri minimal UKT IV, tidak bisa UKT I, II, dan III," tutup Azmi.