Tidak Dianjurkan Konsumsi Telur Dengan 4 Bahan Makanan Ini, Termasuk Teh

Telur-Ayam.jpg
(SUARA.COM)

RIAUONLINE - Telur boleh jadi salah satu makanan yang kerap kali disediakan orang. Selain praktis dan mudah diolah, telur mengandung protein serta nutrisi yang baik untuk tubuh.

Namun perlu kamu ketahui bahwa jangan sembarang memasak atau mencampurkan olahan telur dengan makanan. Ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang tidak baik diolah atau dikonsumsi secara bersamaan oleh telur. Bila mencampurkan atau mengonsumsi telur bersamaan dengan makanan atau minuman ini, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Agar kamu lebih berhati-hati dalam mengolah dan mengonsumsi telur, berikut dikutip RIAUONLINE dari Liputan6.com, Jum’at (21/6/2019) telah merangkum beberapa makanan dan minuman yang ternyata tidak baik disantap bersamaan dengan telur.

1. Telur-Tomat

Makanan pertama yang tidak boleh dimakan bareng dengan telur adalah tomat. Namun tak banyak orang menyajikan telur bersamaan dengan tomat, baik itu untuk dicampurkan dalam makanan ataupun hanya sebagai hiasan.

Ternyata, mengkombinasikan telur dengan tomat atau memakan telur setelah makan tomat bukanlah hal yang tepat. Telur dan tomat bisa mengakibatkan timbulnya keracunan yang ditandai dengan inflamasi usus.

Hal ini bisa terjadi karena tomat yang dimakan dengan telur akan membuat usus dan lambung mudah mendorong semua makanan yang masuk. Maka tak heran, seseorang yang mengonsumsi telur bersamaan deng tomat akan lebih sering mual, muntah, hingga diare.

2. Telur dan Teh

Nah, salah satu kebiasaan dalam mencampurkan telur dengan makanan atau minuman lain adalah teh. Kebiasaan mengonsumsi telur di pagi hari sambil ditemani teh merupakan salah satu kebiasaan yang tidak dibenarkan.

Padahal, di dalam teh mengandung tanin yang bisa menyatu dengan protein dalam telur membentuk sedimen. Nah, bila mengonsumsinya secara bersamaan, maka sedimen yang masuk ke dalam tubuh sulit untuk dicerna.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna teh dan telur secara bersamaan, Padahal, bila kedua makanan ini lama tersimpan di dalam perut, bisa menjadi racun dalam tubuh. Bahayanya lagi, zat racun ini bisa menyebar dan menyebabkan kanker.

3. Obat Anti Inflamasi

Diketahui bahwa telur mengandung tinggi protein yang baik untuk tubuh. Namun bila telur dikonsumsi setelah meminum obat anti inflamasi, maka akan berdampak buruk bagi tubuh.

Hal ini bisa terjadi karena, lambung kita tidak bisa menerima beban protein tinggi dan kandungan dari obat. Oleh karena itu, mengonsumsi telur baik setelah maupun sebelum minum obat anti inflamasi ini tidak dianjurkan karena bisa terjadi abnormal lemak dalam tinja.

4. Daging Kelinci

Selain daging ayam dan sapi, daging kelinci juga sangat disukai oleh banyak orang. Karena daging kelinci tidak kalah lezat dengan daging ayam dan daging kelinci. Selain kenikmatannya, perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi telur bersamaan dengan daging kelinci tidaklah benar.

Ya, kamu harus menghindari mengonsumsi telur bersamaan dengan daging kelinci. Hal ini dikarenakan daging kelinci memiliki sifat panas dan memiliki rasa manis alami pada dagingnya.

Sedangkan pada telur, lebih bersifat dingin dan cenderung tidak memiliki rasa atau hambar. Jadi, bila kamu mengonsumsinya secara bersamaan bisa memicu gangguan usus.