Aktual, Independen dan Terpercaya


Mahasiswa KKN UIN Suska Gelar Literasi Media Sosial ke Warga

kkn-uin.jpg
(istimewa)

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Suska Riau akan melakukan penyuluhan tentang literasi kepada masyarakat di lokasi KKN. Ini berdasarkan tema KKN tahun ini yaitu "Penguatan Literasi Informasi untuk Masyarakat yang Cerdas Bermedia Sosial”.

"Kami akan membuat program berupa penyuluhan tentang literasi media kepada masyarakat, terutama tentang literasi media sosial," ujar Azizah, peserta KKN UIN Suska Riau, Jumat, 21 Juni 2019.

Menurut Azizah tema ini relevan dengan kondisi masyarakat di era digital saat ini, di mana banyak kabar bohong dan provokatif beredar di media sosial dan banyak masyarakat menjadi korban hoaks.

Dengan program tesebut diharapkan masyarakat jadi melek literasi informasi sehingga tidak terpengaruh berita bohong ataupun berita provokatif di Internet.

Azizah menambahkan kelompok KKN-nya telah melakukan kunjungan atau survei lapangan ke desa tempat pengabdian selama kurang lebih dua bulan tersebut. Saat survei lapangan mahasiswa sekaligus menjalin silaturahmi dan koordinasi dengan perangkat pemerintah desa di sana.

"Selain itu, pihak kampus meminta kami tetap melakukan kegiatan berbasis di masjid, yang lebih bersifat pemberdayaan masjid," ujar Azizah yang akan melaksanakan KKN di Desa Berembung, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Suska Riau Zarkasih menyebut sistem pendaftaran KKN dilakukan secara online. KKN tahun ini diikuti sebanyak 3.762 peserta, yang akan disebar di 364 desa di 11 kabupaten/kota se-Riau

Pihak kampus akan mengadakan pembekalan bagi peserta KKN pada 25 Juni dan keberangakatan ke lokasi KKN dimulai pada 15 Juli mendatang.