Aktual, Independen dan Terpercaya


Pekanbaru Langganan Banjir, Zulfan Hafiz: Pemko Jangan Minta Pajak Saja

banjir-rendam-kawasan-panam.jpg
(Rico)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru dapil Tampan Zulfan Hafiz meminta Pemko Pekanbaru agar betul-betul mengawasi setiap pembangunan ruko yang ada saat ini.

Sebab, menurutnya penyebab tergenangnya air setiap kali hujan turun di Pekanbaru dikarenakan tidak lancarnya drainase sehingga air yang harusnya masuk ke parit malah meluap.

"Senang ini, Pekanbaru kan dikerumuni ruko, kita tidak melarang, silahkan aja siapa pun boleh investasi. Tapi masalahnya tidak ada lorong parit yang terbuka, semua dicor," jelas Politisi Nasdem ini, Selasa, 18 Juni 2019.

Artinya, sambung Zulfan, ada kesan pembiaran yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru, padahal Pemko Pekanbaru sendiri sudah punya badan yang bertugas untuk mengawasi setiap pembangunan.

"Kita minta pemko jangan hanya sekedar mengeluarkan Izin Mendingan Bangunan (IMB) saja, jangan minta pajak saja, tanpa ada pengawasan ketat," ulasnya.

Zulfan bahkan meminta Pemko Pekanbaru bisa mensetting ulang drainase yang ada di Pekanbaru dan kalau perlu di eskalator saja parit-parit yang dahulunya terbuka namun sekarang sudah dicor.

Kemudian, Walikota Pekanbaru Firdaus di sisa jabatannya juga harus menyiapkan master plan banjir, semacam pembangunan waduk yang nantinya akan menjadi sumur resapan.

"Kita minta pemerintah fokus saja dalam menangani infrastruktur drainase ini, jangan sampai Pekanbaru terkabul karena ada air yang tergenang saat hujan," tutupnya.