Aktual, Independen dan Terpercaya


Wali Kota Pekanbaru Disebut Lebih Mementingkan Bangun Gedung Ketimbang Urus Banjir

banjir-panam.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengamat perkotaan Mardianto Manan mengaku Walikota Pekanbaru Firdaus hingga sekarang belum juga bisa menuntaskan banjir yang kerap dikeluhkan masyarakat Pekanbaru.

Padahal, Firdaus sudah bertahun-tahun memimpin Pekanbaru sejak 2012 dan sudah habis waktu 7 tahun, namun banjir belum juga bisa ditangani dengan baik.

Dosen Universitas Islam Riau ini bahkan menyebut Firdaus lebih mementingkan membangun gedung-gedung yang bisa dijadikan sebagai "dagangan politik".

"Firdaus ini kalau untuk menuntaskan banjir gak ada anggaran, tapi kalau untuk bangun gedung ada anggarannya," ujar Mardianto, Rabu, 12 Juni 2019.

Mardianto menilai, hal tersebut dikarenakan apabila Firdaus menggelontorkan dana untuk banjir, hasilnya tidak bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, berbeda dengan pembangunan gedung.

"Karena kan banjir itu gak bisa tuntas sekali anggaran, mungkin bertahun-tahun baru nampak hasilnya, makanya ia lebih memilih membangun gedung," tuturnya.

"Contohnya kemarin itu, beberapa hari sebelum Pilgubri ia meresmikan gedung, nampak menjulang ke atas, tapi gak laku juga," tuturnya lagi.

Untuk diketahui, Pekanbaru lagi-lagi mengalami banjir di beberapa sudut kota, terutama di kawasan HR Soebrantas yang membuat sejumlah aktivitas masyarakat jadi terganggu.