Aktual, Independen dan Terpercaya


Arus Balik, PO Otobus Tambah Armada ke Pekanbaru

Ka-terminal-BRPS.jpg
(Rico)

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pada H+4 Idul Fitri, merupakan puncak arus balik pemudik, kedatangan penumpang mengalami peningkatan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, Minggu, 9 Juni 2019.

Kendati begitu, angka kedatangan penumpang dinilai tidak terlalu signifikan jika dilihat dari jumlah kedatangan penumpang bebrapa hari pasca-Idul Fitri.

Pada 6 Juni penumpang yang datang berjumlah 334 orang, sehari sesudahnya bertambah menjadi 435 orang, dan data terakhir yang dihimpun pengelola terminal, pada 8 Juni meningkat menjadi 1.029 penumpang. Diprediksi, hari ini ini puncak kedatangan penumpang akan membludak di Bandara Bandar Raya Payung Sekaki.

"Tetapi beberapa bus reguler dari Medan ke Pekanbaru ada penambahan armada bus masing-masing PO, yang sebelumnya 7 armada jadi 13," ujar Kepala Termina Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, Henry Tambunan.

Henry menambahkan, untuk keberangkatan penumpang di terminal tersebut masih dalam angka normal, namun cenderung meningkat. Keberangkatan umumnya untuk tujuan luar provinsi. "Yang biasanya berangkat jam 1 jadi jam 2 siang," kata Henry.

Henry menyebut, pada arus balik di terminal tersebut secara umum berjalan lancar. Posko lebaran dengan menyiagakan personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, dan tenaga medis dari Dinas Kesehatan juga telah disediakan di terminal tersebut.

"Kondisi terminal aman dan nyaman, dan belum ada laporan kehilangan," kata Henry.