Aktual, Independen dan Terpercaya


Esok Minggu, Puncak Arus Balik di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki

Terminal-Bandar-Raya-Payung-Sekaki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RICO MARDIANTO)

Laporan: RICO MARDIANTO 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki hari keempat pasca-Lebaran Idul Fitri, Arus Balik mulai terasa. Pantauan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, melayani penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), mulai ramai bahkan cenderung padat oleh penumpang datang dan berangkat, Sabtu, 8 Juni 2019.

Kepala Terminal Pekanbaru, Henry Tambunan menuturkan, memasuki H+4 lebaran, kenaikan jumlah penumpang tidak signifikan bahkan bisa dibilang normal.

Ia memprediksi, akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebab masa libur atau cuti bersama segera berakhir dalam waktu dekat. "Diperkirakan hari ini dan besok penumpang meningkat (puncak arus balik)," ujarnya.

Dari data dihimpun pengelola terminal, pergerakan penumpang dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Pada 6 Juni penumpang datang berjumlah 334 orang, sehari sesudahnya bertambah menjadi 435 orang.

 

Henry menyebut, sejauh ini tarif bus AKAP masih seperti sama dengan saat arus mudik, naik 25 hingga 30 persen dari hari biasa. Kenaikan berlaku untuk pelayanan kelas eksekutif maupun bisnis.

Kedatangan penumpang terlihat padat mulai pagi pukul 10.00 WIB. Sedangkan kepadatan penumpang terjadi mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 untuk keberangkatan ke Pulau Jawa.

Sedangkan keberangkatan ke Sumatera Utara dan daerah lainnya di Pulau Sumatera kepadatan penumpang dimulai pukul 16.00 hingga puncaknya pukul 20.30 WIB.