Bupati Amril Mukminin tak Lepas Pawai Takbir di Kota Bengkalis

Pawai-Takbir-di-Bengkalis.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ANDRIAS)

Narasi: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Masyarakat Bengkalis sangat antusias mengikuti pawai takbir Idul Fitri 1440 H. Puluhan mobil hias peserta pawai maupun warga, Selasa malam, 4 Juni 2019 , memadati lapangan Tugu Bengkalis.

Sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Pawai takbir ini diikuti sekitar 19 Masjid dan 16 Mushalla dari berbagai desa dan kelurahan di Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Hiasan ditampilkan pesertapun beragam. Umumnya, berbentuk miniatur masjid dengan menampilkan nama desa dan kelurahan dari setiap peserta dan suara lantunan takbirpun berkumandang.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, pawai takbiran tahun ini tidak lagi dibuka Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pascaditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), orang nomor satu di Negeri Junjungan itu jarang terlihat lagi menghadiri kegiatan di Bengkalis. Amril Mukminin dikabarkan memilih membuka pawai malam takbir tahun 2019 di Mandau, kampung halamannya, bukan di ibukota kabupaten, di Pulau Bengkalis.

Pawai takbir keliling Kota Bengkalis ini rutenya melintasi Jalan Sudirman, HOS Cokroaminoto dan Hangtuah. Kemudian, melintasi Jalan Patimura dan kembali ke Achmad Yani.

Sekda Bengkalis, Bustami Hy dalam sambutanya mengatakan, Pawai Takbir bisa diartikan dengan mensyiarkan agama Islam sebagai agama yang rahmatan lil’alamin.

Lepas Pawai Takbir

 

"Idealnya, sebagai ajang mempererat silaturrahmi yang diimplementasikan dengan menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan, seraya mengumandang dan menggemakan takbir, tahlil dan tahmid," kata Sekda Bustami.

Selanjutnya, saat akan pelepasan peserta pawai takbir Wakil Bupati Bengkalis H. Muhammad mendapat peran mendampingi Sekda Bengkalis H. Bustami Hy, Kemenag Bengkalis dan Wakil Ketua DPRD Bengkalis H. Indra Gunawan memukul beduk bersama tanda dimulainya pawai takbir.

Turut hadir, Wakapolres Bengkalis Kompol Kurnia Setyawan, Danramil 01/Bengkalis Mayor ARM. Bismi Tambunan, Ketua Baznas Bengkalis H. Ali Ambar, Ketua KPU Fadhilah Al Mausuly, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Ketua MKA H. Zainuddin Yusuf dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.