Heboh Isu Referendum Aceh, DPRD Riau Imbau Masyarakat Tidak Terpancing

Ketua-DPD-Demokrat-Riau-Asri-Auzar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar angkat bicara terkait adanya isu referendum yang digaungkan sejumlah akun media sosial beberapa hari belakangan, termasuk Riau.

Ketua DPD Demokrat Riau ini mengatakan, sejak awal kemerdekaan Indonesia Riau melalui Raja Sultan Syarief Kasim sudah menyatakan untuk bergabung dengan NKRI.

Perjanjian yang berlangsung selama hampir 74 tahun ini, dikatakan Asri sampai hari ini masih dipegang oleh masyarakat Riau.

Namun, tidak dapat dipungkiri apabila dalam waktu segitu masyarakat Riau menuntut beberapa hal yang selama ini dianggap pantas diberikan pada Riau, salah satunya Otsus.

"Kalau minta merdeka saya rasa tidak lah, tapi kalau Otsus itu tidak masalah, lagian Otsus ini juga sudah lama digaungkan," ujar Asri, Rabu, 29 Mei 2019.

Untuk itu, Asri menghimbau kepada masyarakat Riau agar tidak terpancing dengan isu referendum maupun isu separatis, sebab isu tersebut tidaklah benar.

"Jadi kita imbau masyarakat jangan terpancing dengan hal yang belum kita tahu kebenarannya begitu," tutupnya.

Sebelumnya, Aceh melalui Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA) Muzakir Manaf alias Mualem menginginkan dilaksanakannya referendum atau hak menentukan nasib sendiri di Aceh, isu tersebut menjadi heboh di media sosial.