Aktual, Independen dan Terpercaya


Tren Hadiah Lulus Skripsi, Pedagang Bunga Raup Omzet Hingga Rp 3 Juta

souvenir.jpg
(Rico)

Laporan: RICO MARDIANTO

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tren memberi hadiah kepada teman tak hanya pada momen wisuda, tapi belakangan ini memberi hadiah kepada teman juga dilakukan pada momen lulus ujian skripsi.

Tradisi memberi beraneka hadiah seperti bunga flanel, selempang nama, boneka, dan buket snack atau parcel kepada teman yang baru lulus ujian skripsi baru menjadi tren dua tahun belakangan.

Penjual bunga flanel di Jalan Buluh Cina Pekanbaru, Risma Sari, mengatakan penjualan dan pemesanan meningkat setahun belakangan ini. Laba yang diperoleh pun semakin besar seiring ramainya pembeli. Dampaknya ia harus memproduksi bunga flanel dan beragam suvenir lainnya dalam jumlah besar untuk mencukupi stok di warung bunga Shofie Flower miliknya.

"Trennya sudah berlangsung sekitar dua tahun belakangan, tapi baru setahun belakangan ini banyak yang beli bunga dan buket snack untuk hadiah lulus skripsi, sebelumnya hanya untuk wisuda," kata Risma, Senin, 27 Mei 2019.

"Omset sehari Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, tapi kalau Sabtu dan Minggu sepi pembeli karena hari libur kuliah," lanjut Risma.

Adapun harga bunga flanel bervariasi, dari Rp 5000 hingga puluhan ribu rupiah. Sedangkan harga selempang nama Rp 55 hingga Rp 60 ribu. Buket snack ada yang seharga Rp 15 ribu sampai Rp 40 ribu.

"Tapi ada juga yang memesan buket snack yang ukuran lebih besar yang harganya sampai ratusan ribu rupiah, tergantung isi parcelnya," tuturnya.

Risma mengaku usaha ini berawal dari hobi merakit bunga. Kemudian ia berinisiatif berjualan bunga dalam skala kecil. Memperoleh untung menggiurkan, ia kemudian bekerja sama dengan empat temannya yang lain untuk memproduksi aneka bunga dan parcel dalam jumlah besar.

Ia pun mempromosikan barang dagangannya melalui akun Instagram Shofie Flower PKU dan Marsya Flower PKU.

Mahasiswa UIN Suska Riau, Arul mengungkapkan ia selalu memberi bunga flanel untuk temannya yang lulus ujian skripsi.

"Sebenarnya sih ganti-gantian memberi hadiah pas teman lulus ujian skripsi atau sistem barter, misalnya hari ini kita yang kasih hadiah besok giliran kita dikasih hadiah, biasanya sudah janjian," ungkapnya.