H-10, Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Sungai Duku

beli-tiket-kapal.jpg
(Rico)

Laporan: RICO MARDIANTO

 

RIAUONLINE.CO.ID, PEKANBARU - Pergerakan penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru mulai mengalami peningkatan pada H-10 lebaran. Hal ini diungkapkan petugas klasi loket Meranti Express di pelabuhan tersebut.

"Penumpang mulai ramai. Penjualan tiket mengalami peningkatan beberapa hari ini. Di hari biasa hanya 30 sampai 40 penumpang, tapi dalam minggu ini penjualan sampai 70 tiket," ujarnya, Sabtu (25/5/2019).

Kendati begitu, dia mengatakan sejauh ini tidak ada penambahan armada speed boat. Seperti hari biasa, sebut dia, saat ini pada keberangkatan pagi tersedia dua kapal dan siang tiga kapal. Dia menyebutkan, tujuan paling banyak yaitu Selatpanjang. Pun begitu harga tiket tidak mengalami kenaikan, rute Pekanbaru - Selatpanjang Rp 162 ribu per tiket.

"Banyak yang beli tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Mungkin penumpang mengantisipasi kehabisan tiket atau kenaikan tiket," katanya.

Dia menambahkan saat ini, jumlah speed boat yang tersedia masih mencukupi untuk melayani keberangkatan. Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya puncak kepadatan penumpang di musim mudik terjadi pada H-5 Lebaran Idul Fitri.

Pantau Riauonline.co di Pelabuhan Sungai Duku, ratusan pemudik memadati pelabuhan di Sungai Siak tersebut. Selain itu, sebagian besar penumpang yang berkelompok maupun sendiri membawa barang bawaan cukup banyak seperti koper, ransel, dan berbagai barang kemasan plastik.

Seorang pemudik, Reyhan mengatakan ia lebih memilih mudik lewat jalur laut karena harga transportasi yang lebih murah dibanding lewat jalur darat.

"Kalau naik mobil dari Pekanbaru ke Pelabuhan Buton Rp 110 ribu, dan sampai di Buton nyeberang laut ke Selatpanjang ongkos tiketnya Rp 80 ribu. Jadi lebih baik saya naik speed boat dari Pelanbaru," ujarnya.