Aktual, Independen dan Terpercaya


Persaingan Ketat, Ini 7 Wajah Baru DPRD Riau Dapil Pekanbaru

Rapat-paripurna-DPRD-Riau.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Persaingan antar Caleg DPRD Riau dapil Kota Pekanbaru memang cukup sengit, pasalnya sejumlah nama beken bersaing di dapil tersebut.

Pun begitu, berdasarkan hasil pleno dari sejumlah kecamatan sudah bisa dilihat beberapa nama yang akan melenggang ke gedung yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini.

Hasilnya, dari 9 Anggota DPRD Riau sebelumnya hanya ada dua nama saja yang bisa mempertahankan jabatannya pada periode 2019-2024 mendatang.

Sedangkan 7 orang lainnya diprediksi akan tumbang baik oleh sesama pesaing internal, maupun pesaing eksternal karena partainya tidak mendapatkan kursi dalam perebutan status wakil rakyat ini.

Nama tersebut adalah Wakil Ketua DPRD Riau dari fraksi Demokrat Noviwaldy Jusman yang sudah menjadi anggota DPRD Riau dua periode yakni pada tahun 2009-2014 dan 2014-2019.

Sedangkan pada 2004-2009 lalu, politisi yang juga mahir dalam mengemudikan pesawat ini berhasil menjadi anggota DPRD Pekanbaru dapil Rumbai.

Nama lainnya adalah Ade Hartati, yang merupakan politisi dari partai PAN, Ade juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Pekanbaru pada periode 2009-2014.

Sedangkan 7 anggota DPRD Riau petahana lainnya yakni Taufik Arrakhman, Mansyur HS, Yusuf Sikumbang, Yurnalis, Kordias Pasaribu, Erizal Muluk dan Nuraini diprediksi tumbang.

Taufik Arrakhman sendiri saat ini berada di urutan kedua dibawah pesaing internalnya, yakni putra ketua DPD Gerindra Riau Nurzahedy, Muhammad Aulia yang diprediksi akan melenggang ke DPRD Riau.

Mansyur HS kalah saing dengan dua nama pesaing internalnya yakni Istri Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief, Arnita Sari dan juga ada nama pendatang baru Sofyan Sirodj.

Di Golkar, mantan wakil walikota Pekanbaru Pekanbaru Erizal Muluk dan politisi Golkar lainnya Nuraini harus mengakui keunggulan pendatang baru Parisman Ikhwan.

Pendatang baru lainnya yaitu Ketua DPC Demokrat Pekanbaru Agung Nugroho juga berhasil menambah kursi Demokrat yang sebelumnya di Pileg 2014 hanya satu saja.

Nama lainnya, Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu yang diprediksi akan digantikan oleh politisi yang pernah ia geser sebelumnya yakni Ketua DPC PDIP Pekanbaru Robin P Hutagalung.

Sedangkan dua nama lainnya Yusuf Sikumbang dari partai PKB dan Yurnalis dari PPP harus meninggalkan kursi DPRD Riau pasca partainya tak mampu meraih kursi.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan pihaknya tidak berwenang menyebutkan sesiapa saja yang akan duduk di DPRD Riau pada masa periode 2019-2024 mendatang.

"Kita belum bisa menyebutkan nama, karena masih ada prosedur lainnya, tapi berdasarkan data yang ada silahkan media melakukan analisa," singkatnya.

Berikut nama yang diprediksi lolos ke DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru :


1.Demokrat - Agung Nugroho (27.527)
2. PKS - Sofyan Siroj Abdul Wahab (17.543)
3. Gerindra - Muhammad Aulia (21.149)
4. PDIP - Robin Hutagalung (9.815)
5. GOLKAR - Parisman Ikhwan (10.188)
6. PAN - Ade Hartati (11.858)
7. HANURA - Kasir (12.257)
8. Demokrat - Noviwaldy Jusman (17.132)
9. PKS - Arnita Sari (14.251)