Aktual, Independen dan Terpercaya


Demokrat Klaim Raih 9 Kursi di DPRD Riau

Anggota-Komisi-IV-DPRD-Riau-Asri-Auzar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Meski berdasarkan quick count beberapa lembaga survey secara nasional menyebutkan bahwa partai Demokrat mengalami penurunan suara dibanding tahun 2013, namun untuk Riau Demokrat semakin kuat.

Ketua DPD Demokrat Riau Asri Auzar mengatakan, berdasarkan data real count yang sudah dikumpulkan oleh pihaknya, Demokrat Riau mendapat penambahan kursi di komposisi DPRD Riau.

"Ini bukan survey, tapi sudah real count. Kita dapat 9 kursi di DPRD Riau," ujar politisi asal Rohil ini, Rabu, 1 Mei 2019.

Menurut Asri, perolehan kursi pada Pemilu kali cukup merata, di mana Demokrat mengirimkan wakilnya ke DPRD Riau dari 8 Dapil yang ada di Riau ini.

"Pekanbaru kita dapat dua kursi, Siak Pelalawan sebelumnya tidak ada, sekarang kita punya perwakilan dari sana, dapil lainnya hanya 1 kursi," katanya.

Sejauh ini, Asri menuturkan ada kemungkinan kursi Demorkat akan bertambah dari dapil Rohul, sebab ada potensi suara untuk mendapatkan dua kursi.

"Yang pasti baru satu kursi, cuma kita berharap ada tambahan satu kursi lagi, doakan saja," ulasnya.

Asri mengakui ia tidak khawatir dengan kecurangan pasca pihaknya mengklaim perolehan kurang saat ini, sebab Demokrat memiliki seluruh C1 hampir 100 persen.

"Sepanjang kita punya C1, apa yang kita takutkan? kita sudah bandingkan dengan partai lain, tidak jauh berbeda kok," tutupnya.

Seperti yang diketahui, berdasarkan quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey disebutkan bahwa Demokrat mengalami penurunan jumlah suara.

Dimana pada tahun 2014 lalu, Demokrat berhasil mendapatkan suara sebanyak Partai Demokrat 12.728.913 atau sekitar 10,19 persen.

Sedangkan berdasarkan quick count DennyJA, Demokrat hanya mampu meraih sekitar 6,81% dan sekitar 7,37 persen oleh LSI KedaiKopi.