Kampanye di Riau, Siti Nurbaya: Program Kehutanan di Era Jokowi Berhasil

menteri-siti-di-siak.jpg
(yan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Siti Nurbaya menjadi juru kampanye untuk pasangan presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin, di lapangan Pasar Minggu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, Jumat, 30 Maret 2019.

Dalam orasi politiknya, Siti Nurbaya menyampaikan sejumlah keberhasilan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi selama satu periode kepemimpinannya pada program kehutanan: terutama perhutanan sosial.

"Saya ingin laporkan bahwa bapak preasiden terhadap masalah hutan ditegaskan adalah untuk kesejahteraan rakyat," katanya, dihadapan massa simpatisan Jokowi-Maruf.

Siti mengaku telah ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk menyiapkan akses kelola hutan untuk rakyat melalui perhutanan sosial. Selama satu periode kepemimpinan Jokowi, Kementerian LHK telah menyerahkan hutan untuk masyarakat Riau mencapai 83,9 ribu hektara.

Sedangkan untuk usulan yang sudah diterimanya dari sejumlah kelompok tani mencapai 652.661 hektare. Ditargetkan hutan untuk rakyat di Riau akan terealisasi seluas 1,1 juta hektare.

"Setelah Pemilu ini kita akan selesaikan lagi 552 ribu hektare," kata Siti.

Presiden Jokowi juga menginginkan masyarakat yang ada di desa-desa dalam kawasan hutan dan konsesi tidak dibiarkan terisolasi. Jokowi, kata Siti meminta agar akses infrastruksur jalan disegarakan dibangun hingga menembus pemukiman untuk kepentingan rakyat.

"Jadi rakyat di desa-desa, apakah itu di HGU konsesi maupun hutan harus menerima pelayanan umum, harus ada jalan, menerima lostrik dan bantuan pertanian," jelasnya.

Untuk itu, Siti mengajak masyarkat Kandis untuk kembali memilih Jokowi karena adanya banyak pekerjaan lagi yang harus diselesaikan.

"Yang lebih penting lagi apa artinya bila jokowi menang, artinnya kita lanjutkan pemerintahan dan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara dalam dasar negara pancasila dan Undang-Undang Dasar 45 bukan yang lain. Mari 17 april ke TPS pilih jokowi," katanya.

Gubernur Riau Syamsuar yang juga hadir pada kampenye itu mengajak masyarakat Riau kembali memilih Jokowi untuk melanjutkan program kerjanya lima tahun mendatang. Sebagai mantan Bupati Siak dua periode, Syamsuar mengaku komitmen pembangunan Jokowi sudah dirasakan masyarakat Riau sampai ke pelosok desa.

"Melalui dana desa adanya pembangunan infrastruktur, tidak hanya jalan tol tetapi juga pembangunan listrik yang direncanakan seratus persen, saat ini Siak sudah teraliri listrik hingga 95 persen," ujarnya.

Jokowi kata Syamsuar, telah memberikan perhatian cukup besar untuk para petani di Riau, baik kelapa sawit maupun padi, begitu pula peternakan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal itu ditunjukkan dengan adanya dana peremajaan kelapa sawit yang diberikan secara cuma-cuma yang saat ini nilainya mencapai Rp 50 jtua untuk dua hektare.

"Dulu tidak ada asuransi peternak dan petani, sekarang asuransi disiapkan pemerintah dan itu sudah banyak diterima petani dan nealayan kita di siak ini," ujarnya.