Petugas Gagalkan Penyelundupan Satwa Langka di Dumai

Satwa-langka.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya (BBKSDA) Riau menyelamatkan 40 ekor satwa dilindungi yang akan diselundupkan ke Malaysia.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan aksi penyelundupan itu digagalkan Bea Cukai Dumai dan TNI-AL yang pertama mengetahui keberadaan satwa malang tersebut.

"Penyelamatan ini berkat temuan awal Bea Cukai Dumai dan TNI-AL yang tidak dilengkapi oleh dokumen yang sah," sebutnya, Sabtu, 23 Maret 2019.

40 hewan langka tersebut dibawa menggunakan dua unit kendaraan roda empat. Tertangkap di Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan, Dumai dengan rute Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat dan berakhir di Malaysia.

Aksi itu juga berhasil meringkus lima diduga sebagai pelaku penyelundupan. Mereka berinisial SW, TR, YA dan WF, Kini sedang dilakukan pemeriksaan oleh Balai Pengamanan Penegakan Hukum Wilayah Sumatera KLHK.

Kepala Balai Pengamanan Penegakan Hukum Wilayah Sumatera KLHK, Eduard Hutapea membenarkan aksi penangkapan tersebut. Saat ini kelima pelaku sedang menjalani pemeriksaan intensif.

"Jadi memang betul saat ini sedang ada pemeriksaan di mana mereka memang terlibat langsung baik sebagai penghubung atau pengangkut. Sementara untuk pemiliknya saat ini masih kita gali," jelasnya.