Univrab Gelar Sosialisasi Hibah Rispro LPDP dan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Dosen

ist.jpg
(ist)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Universitas Abdurrab menggelar kegiatan sosialisasi hibah Riset Inovatif Produktif LPDP & workshop penyusunan proposal penelitian dosen, di Ruang teater FKIK, Jumat, 22 Maret 2019.

Acara yang dilaksanakan sehari penuh ini dihadiri oleh 14 Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah X.

Universitas Abdurrab mengundang tiga pembicara yaitu Prof. Dr. Saryono, M. Si dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Ing. Lazuardi Umar, M.Si sebagai Reviewer LPDP, Fahdiansyah Putra sebagai Kepala Divisi DFRR LPDP, serta Ibu Febrina Fitri, SE, M. Si sebagai Kepala Bagian SDM LLDIKTI Wilayah X.

Tuntutan revolusi industri 4.0 melatarbelakangi digelarnya even ini, yang mentargetkan setiap perguruan tinggi memiliki nilai mutu salah satunya dengan menghasilkan produk inovasi yang dapat dikomersilkan.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D., menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Abdurrab yang terus mendorong dan bersinergi dengan pihak Universitas dalam pengembangan Universitas Abdurrab di berbagai bidang, termasuk untuk peningkatkan mutu penelitian.

Kemudian beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenristekdikti dan LPDP, serta pihak LLDIKTI Wilayah X yang mendukung penuh kegiatan ini hingga terselenggara dengan baik.

Rektor merasa sangat bahagia karena kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang begitu besar dalam membuka peluang-peluang hibah penelitian baik bagi dosen di Universitas Abdurrab, maupun dosen dari Perguruan Tinggi lain yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dosen-dosen kita harus termotivasi untuk bersaing di tingkat nasional dalam memenangkan dana-dana hibah yang disediakan oleh pemerintah dalam berbagai skema ungkapnya.

Lebih lanjut secara operasional, beliau berharap output kegiatan ini adalah terdapat setidaknya ada 2 proposal RISPRO, 3 proposal hibah Pekerti dan 13 proposal Penelitian Dosen Pemula (untuk 39 orang dosen) yang diajukan oleh Universitas Abdurrab di tahun 2019 ini untuk pendanaan tahun berikutnya.

Dr. Ing. Lazuardi Umar, M.Si menjadi narasumber pertama dalam acara ini dengan bahasan umum seputar beasiswa LPDP dan pendanaan Riset Inovatif dan Produktif.

Beliau menyampaikan bahwa RISPRO merupakan pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk /teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi.


Materi berikutnya disampaikan oleh Bapak Fahdiansyah Putra, selaku Kepala Divisi DFRR LPDP, yang memaparkan lebih dalam bagaimana sistematika penulisan proposal pendanaan Rispro dilakukan dan oleh Prof. Dr. Saryono, M. Si yang memberikan tips dan trik dalam memenangkan suatu hibah penelitian.

Kunci utama sebuah penelitian yang memiliki peluang besar dalam memenangkan hibah adalah penelitian yang dapat menghasilkan produk inovasi.

Peserta kegiatan yang berjumlah 100 orang tampak begitu antusias yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan interaktif terhadap narasumber yang memberikan pemaparan.

Ibu Febrina Fitri, SE, M. Si sebagai Kepala Bagian SDM LLDIKTI Wilayah X dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Univrab yang sudah berhasil mentaja kegiatan yang berkelas dan berskala nasional yang sangat dibutuhkan oleh Dosen.

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan mutu dan daya saing Univrab, namun juga untuk dosen-dosen eksternal.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Univrab karena kegiatan seperti ini secara langsung sangat membantu kinerja LLDIKTI Wilayah X terutama dalam peningkatan kualitas Dosen di Perguruan Tinggi di bawah LLDIKTI Wilayah X.

Universitas Abdurrab akan menuju kepada cita-cita menjadi riset university. Cita-cita ini akan dioperasionalkan dengan meningkatkan kepada level penelitian universitas yang saat ini berada pada cluster binaan 4 tahun mendatang akan menjadi cluster madya dan insya Allah menuju cluster penelitian utama pada 4 tahun berikutnya. (rilis)