Aktual, Independen dan Terpercaya


TNI-Polri Nyatakan Siap Amankan Pemilu di Bengkalis

tni-dan-polri-di-bengkalis.jpg
(ist)

Laporan: ANDRIAS

 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Kepolisian dan TNI di Kabupaten Bengkalis dengan tegas menyatakan sikap mereka akan memberikan pengamanan maksimal sehingga dapat terselenggaranya pemilu 2019 yang tinggal menghitung hari dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Pernyataan sikap ini tertuang dalam apel gelar pasukan pengamanan dalam rangka mengecek kesiapan seluruh jajaran menghadapi kampanye terbuka dan pemungutan serta penghitungan suara pemilu 2019 di Lapangan Tugu Bengkalis, Jum'at (22/3/2019) pagi.

Pantauan RIAU ONLINE.CO.ID, Apel gelar pasukan dipimpin Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Rahmianto bertindak sebagai pembina apel.

Terlihat pasukan berdiri berbaris dilapangan tugu dengan gagahnya. Mereka mengikuti apel gelar pasukan diantaranya ratusan peserta dari personel TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, Satlinmas, Pemuda Pancasila, Menwa, komunitas motor dan Ormas. Hadir Sekretaris Daerah Bustami HY, sejumlah pejabat, ketua Parpol dan perwira diteras Polres Bengkalis.

Apel ini juga diisi dengan pembacaan deklarasi damai yang dibacakan Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf serta diikuti seluruh peserta apel.

"Kita siap menjaga dan melaksanakan pengamanan pemilu 2019. TNI-Polri dibantu Satlinmas dan ormas kita siap untuk mengaman pemilu serentak," kata APP Yusup Rahmanto usai memimpin Apel.

Ditambahkan, Kapolres Yusup Rahmanto, pihaknya menyiapkan 630 personel polisi untuk mengamankan pemilu 17 April 2019 mendatang. Jumlah ini diakui kurang, namun akan dibackup dari Polda Riau.

"Kami dari Polri menyiap 630 personel itu terdiri nanti yang Pam di TPS, stanby dan Patroli. Memang kekuatan kita kurang, tapi kita nanti di back up 167 personel dari Polda," kata Yusup.

Diakui Yusup lagi. Sejauh ini tahapan pemilu dimulai dengan situasi Kamtibmas masih kondusif. Tidak ada kerawanan yang ditemui.

"Titik rawan secara umum, secara Kamtibmas kita kondusif namun secara alam ada beberapa titik Rupat dan Talang Muandau," Tambahnya.