Kedatangan Saudara Kandung, Hawk Sambut JAT Di Riau

Aorbatic.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penampakan tak biasa baru saja terjadi saat Tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) berada di wilayah udara Provinsi Riau.

Pesawat tempur Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) dengan jenis Hawk 100/200 menyambut kedatangan tim yang akan berangkat menuju Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2019, Malaysia tersebut.

Bahkan Komandan Lanud Rsn, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka sendiri juga ikut-ikutan menyambut kedatangan tujuh pesawat akrobatik itu dengan langsung mengendarai pesawat tempur berjenis Hawk tersebut.

Komandan Skadron Udara 12, Letkol Pnb Asri E Rangkuti mengatakan penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan mereka karena telah menganggap JAT sebagai saudara kandung sendiri.

Karena tim akrobat ini sebagian besar diisi oleh Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

"Dari Skadron Udara 12 banyak juga mantan tim jupiter. Termasuk saya dan ada dari junior. Karena merasa seperti saudara, saat mereka datang maka kita buat yang spesial," sebutnya, Kamis, 21 Maret 2019.

" Sekalian kita promosi di tanggal 31 Maret 2019. Dimana kita akan melakukan flypass di kota Pekanbaru dalam rangka hari dirgantara," imbuhnya.

Sementara itu, Leader JAT, Letkol Pnb Marcelinus mengucapkan terima kasih karena telah disambut sebelum menginjakkan kaki di Pekanbaru. Menurutnya, penyambutan dilakukan tepat di 50 mil sebelum mereka memasuki kota Pekanbaru.

" Kita ucapkan terima kasih pada Lanud atas penyambutan ini. Kita dijemput sekitar 50 mil dari Pekanbaru," jelasnya.

Selama penyambutan berlangsung, gabungan pesawat ini melakukan flypass bersama tepat di atas Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru hingga kediaman Gubernur Riau. Mereka meliuk-liuk membuat decak kagum masyarakat yang menyaksikan pemandangan langka ini.

" Kita tadi join melakukan Flypass di bandara dan rumah Gubernur, sampai landing disambut oleh Skadron Udara 12. Intinya bahwa harapannya, selepas pulang dari Langkawi pada tanggal 31 Maret 2019 kita kembali akan menghibur masyarakat Riau," jelasnya.