Safari Dakwah di Bank Riau-Kepri, TGB Bicara Soal Konversi Bank Syariah

TGB-BRK.jpg
(Sigit)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Giat konversi menjadi Bank Syariah, Bank Riau Kepri hadirkan Tuan Guru Bajang. Bertajuk Safari Dakwah Riau yang dihelat di Ballroom Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Rabu 20 Maret 2019. TGB berbagi pengalamannya saat Bank NTB konversi menjadi Bank Syariah medio 2018 lalu.

Bank Riau Kepri sebagai Bank Daerah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau direncanakan akan dikonversi menjadi Bank Syariah seperti yang dilakukan oleh Bank Aceh Syariah dan Bank NTB Syariah.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar dalam kata sambutannya yang menyebutkan bahwa Konversi ini bertujuan untuk menghilangkan kekhawatiran sejumlah nasabah dan pemilik saham akan hukum riba jika menabung di Bank non-syariah.

Diharapkan konversi ini akan meyakinkan para nasabah akan mudharat menabung di Bank Riau-Kepri Syariah, mendatang.

Untuk menggali lebih lanjut mengenai upaya konversi ini Syamsuar mengundang langsung mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang(TGB).

TGB menyebutkan langkah konversi ini merupakan langkah positif bagi Bank Riau-Kepri maupun Provinsi Riau secara umum. Berkaca pada konversi Bank NTB Syariah yang merupakan bagian dari Halal Value Chain atau Rantai Nilai Halal NTB yang turut membawa perubahan positif pada perekonomian NTB secara umum.

Lebih jauh TGB optimis Bank Riau-Kepri akan sukses sebab lebih kuat dibandingkan Bank NTB.

"Saat konversi Bank NTB hanya memiliki aset 7 Triliun, jauh dibandingkan Bank Riau-Kepri yang memiliki aset 27 Triliun, Inshaallah lebih mudah."

Menurut TGB salah satu hal yang diprioritaskan adalah citra perusahaan itu sendiri sehingga nasabah bisa yakin bahwa Bank Syariah tetap kuat bahkan dapat lebih prospektif dibandingkan bank konvensional biasa.