Kerukunan Keluarga Sumatera Barat: Dukung Dunsanak Kito di Pileg 2019

urang-awak.jpg
(Sigit)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Berlangsung pada Jum'at malam, 15 Maret 2019 bertempat di hotel Aryaduta Pekanbaru, Kerukunan Keluarga Sumatera Barat (KKSB) mengadakan pertemuan dalam rangka silaturahmi dan giat menyukseskan Pemilu 17 April 2017.

Kendati merupakan organisasi sosial kemasyarakatan, KKSB menilai perlu ikut serta dalam menyuarakan kepentingan komunitas masyarakat Minang melalui calon anggota legislatif di berbagai tingkatan. Sementara perihal pilihan Capres-cawapres, KKSB membebaskan pilihan ke tiap-tiap anggotanya.

Yusuf Sikumbang, Sekjen KKSB dalam pembukaannya menyatakan agar tidak lagi menjadi penonton di pinggir lapangan saja "Jangan lagi jadi Kudo palancang bukit."

Ketua KKSB, Nehri Mangkuto Alam menyatakan bahwa masyarakat Minang di Riau banyak, tapi sedikit yang berhasil duduk di kursi legislatif. Oleh karena itu ia berharap masyarakat Minang Riau agar dapat bersatu dan mendukung Kader-kader Minang tanpa melihat Partainya.

"banyak Dunsanak yang ingin ikut bertanggung jawab kepada masyarakat sesuai tingkatannya. Mari antarkan dunsanak sesuai tingkatan dan wilayahnya. Tanpa melihat dari partai mana," ujar ketua KKSB Nehri Mangkuto Alam.

Nehri mengatakan agar mengusung Caleg yang terukur, yaitu Caleg yang memadai kompentesinya, ingat dengan sanak kerabatnya, serta ikut serta dan taat aturan main Pemilu 2019.

Tidak Lupa Nehri memberi sejumlah rekomendasi Caleg yang dianggap kompeten dan layak diusung anggota KKSB, yaitu Untuk DPD RI Zahirman Zabir. Untuk DPR RI terdapat John Satri dari PKB. Untuk DPRD Provinsi terdapat Muhammad Jusuf Sikumbang dari PBB, Saparudin Koto Gerindra, serta Edwin Syarif dari Perindo untuk Dapil Indragiri Hulu.

Sementara untuk DPRD Kota Pekanbaru, KKSB Menyodorkan sejumlah nama diantaranya, Abdul Khair Demokrat, Zainuddin ST PSI, Afrizal Hanura, Irman Sastranto PAN, serta Safri Syarif Gerindra.

"Tolong bawa dan sebarkan ke dunsanak ibu-bapak, semoga beliau-beliau dapat dilantik pada bulan September 2019. Tidak ada urusan partai, yang pentingnya figurnya adalah dunsanak kito," ujar Nehri menutup.

Tidak lupa pula sebelum menutup acara KKSB menyatakan turut berduka atas insiden penembakan masjid di Selandia Baru, dimana terdapat warga Minang yang menjadi korban dalam insiden tersebut. KKSB mengutuk keras insiden kemanusiaan tersebut sebagai tindakan amoral dan tidak berperikemanusiaan.