Aktual, Independen dan Terpercaya


Bawaslu Dan KPU Riau Jemput Bola Demi Tingkatkan Partisipasi

Sosialisasikan-Pemilu-di-dua-pasar-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Hasbullah Tanjung)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau lakukan aksi jemput bola guna meningkatkan partisipasi pemilih menjelang Pemilu 2019 mendatang.

Aksi dilakukan dengan menggelar Road Show di beberapa pasar tradisional, Jumat, 15 Maret 2019. Seperti pasar Dupa dan Pasar Arengka.

Road Show dikemas dengan acara tanya jawab dan diskusi. Kata Komisioner Bawaslu Riau Divisi Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariks kegiatan berlangsung cukup interaktif, Karena banyak pedagang tidak paham. Terutama dengan pindah memilih.

"Pendaftaran pindah pilih untuk warga yang ingin namanya terdaftar di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) akan berakhir pada tanggal 17 Maret besok. Kita yakin ini masih banyak warga luar daerah yang belum mendaftarkan dirinya, karena belum tahu," ujar Neil.

Bawaslu telah mengirimkan surat ke KPU Riau agar membuka pendaftaran DPTb di seluruh kelurahan guna menampung para pemilih yang tidak berdomisili sesuai KTP.

Kita, sambung Neil, berharap agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya karena akan menentukan nasib bangsa dan daerah dalam lima tahun yang akan datang.

"Namun kan butuh inisiatif dari masyarakat juga untuk mendaftarkan dirinya ke DPTb. KPU dan Bawaslu sudah gencar melakukan sosialisasi dan mengakomodir pemilih untuk itu," kata Neil.

Road show ini juga dihadiri oleh para Panwascam setempat, Bawaslu Kota Pekanbaru dan KPU Kota Pekanbaru.