Aktual, Independen dan Terpercaya


Potret Semraut Baleho Caleg Di Bengkalis Hingga Tumbang Tidak Terurus

baliho-caleg-rusak-pemandangan.jpg
(Andrias)

Laporan : ANDRIAS

 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Pemasangan baleho caleg serta poster alat peraga kampanye (APK) di tempat-tempat umum kian membuat semrawut wajah Kota Bengkalis.

Lahan kepentingan publik seperti dipersimpangan penjuru kota hingga taman kota dijadikan tempat pemasangan baleho para caleg dengan berbagai alasan supaya mendapatkan simpatisk dari masyarakat.

Ironis, keindahan Kota Bengkalis seakan pupus dengan kesemrautan baleho caleg dari benner hingga spanduk yang banyak roboh dan dan sobek tidak diurus oleh pemiliknya.

Seperti terlihat di taman stadion terletak di jalan Mohd Ali, Desa Air Putih, Kecamtan Bengkalis. Baliho serta spanduk yang dijumpai dipersimpangan itu banyak yang telah rusak sehingga dianggap merusak estetika keindahan taman tersebut.


"APK dipasang tapi ketika roboh dan rusak tidak diperbaiki oleh pemiliknya, Tentu ini mengganggu pemandangan saja," kata Harianto warga Jalan Pramuka, Desa Air Putih ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Senin 11 Maret 2019.

Menurut Harianto, APK yang roboh dan tumbang dalam berbagai bentuk dan ukuran itu menjadikan taman di stadion itu lingkunganya menjadi terlihat semrawut.

"Baleho nya rusak saja tidak diurus, bagaimana bisa mengurus masyarakat," ujara Harianto lagi.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Bengkalis, Fadhillah Al Mausuly dikonfirmasi terkait banyak ditemukan APK yang dipasang dipinggir jalan yang rusak atau roboh seakan dibiarkan tergeletak dan mangkrak begitu saja dirinya mengaku akan menindaklanjuti informasi tersebut.

Pria kerab disapa Fadhillah inipun mengimbau kepada peserta pemilu agar segera memperbaiki balehonya yang tumbang ataupun rusak.

"Terkait tentang banyaknya APK berupa baliho yang rusak, KPU bengkalis menghimbau agar peserta pemilu dapat memperbaiki atau menggantinya segera untuk menjaga estitika lingkungan sekitar," kata Fadhillah.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar-Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman. Menurutnya, Terkait hal itu kami dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis menghimbau kepada peserta pemilu utk melakukan penertiban serta merpikan APK yang berserakan.

"Kami berharap peserta pemilu, tim kampanye, pelaksana kampanye utk untuk menataati aturan dan menjaga estetika lingkungan," terang Usman.

Disamping itu, Usman menegaskan. Pihaknya, melalui panwaslu kecamatan akan melakukan penindakan terhadap APK yang di pasang tdk sesuai pada tempatnya dan melanggar aturan.

"Kami tegaskan kembali, peserta kampanye untuk patuh dan tunduk pada aturan yang telah di tentukan," tegas Usman.