Ini Jurus Jitu KPU untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih di Riau

Nugroho-Noto-Sutanto.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau dalam waktu dekat ini akan segera memetakan tingkat partisipasi pemilih di 12 kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau.

"Data Pemilu 2014 paling pas, disana kita tahu mana yang tinggi dan mana yang rendah. Jadi kita tahu mana kecamatan yang tinggi dan rendah," ungkap Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat, Nugroho Noto Sutanto, Senin, 4 Maret 2019.

Dengan adanya peta tersebut, KPU bisa memfokuskan diri di titik mana akan dibuat program sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Sehingga tercapai target 77 persen.

"Kalau sudah ada peta, kita lakukan treatment yang tinggi ditingkatkan, kalau yang rendah harus lebih ditingkatkan lagi," tuturnya.

Berdasarkan riset yang pernah dilakukannya, Nugroho menjelaskan ada beberapa alasan rendahnya tingkat partisipasi pemilih.

"Kadang ada alasan ideologis, dimana masyarakat tidak percaya pada pemimpin yang menang di pemilu. Kalau faktor ideologis ini, kita akan sadarkan dulu mereka bahwa hadir di TPS tidak hanya masalah kewajiban, tapi bisa berkontribusi untuk menentukan nasib 5 tahun kedepan," jelasnya

Selain itu, ada juga masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih karena tidak tahu bahwa ada pesta demokrasi.

"Ketika dia menjawab tidak memilih karena tidak tahu, maka kita akan memasifkan informasi disana, bisa lewat semua media, media sosial, media mainstream, atau kita bawa komunitas atau relawan demokrasi, disitu mereka akan melakukan penyebaran secara terus menerus," ulasnya.

Terakhir, bagi masyarakat yang beralasan karena sibuk bekerja, Nugroho akan memberikan sosialisasi bahwa hak suara akan sangat menentukan nasib mereka 5 tahun ke depan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id