Jalan Protokol Soekarno-Hatta Pekanbaru Rusak Parah

jalan-rusak.jpg
(Sigit)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kerusakan jalan di sejumlah titik jalan di Pekanbaru masih cukup memprihatinkan. Tidak hanya pada jalan-jalan kolektor seperti beberapa titik di seputaran Suka Karya dan Swakarya, Kerusakan jalan bahkan juga terjadi di jalan protokol Soekarno-Hatta yang mengarah ke Pasar Pagi Arengka tepatnya di depan halte Karyawan (2).

Kondisi jalan terlihat sangat rusak parah, permukaannya bergelombang seperti bekas tergerus dan terlihat sejumlah lubang di kanan dan kiri jalan. Bahkan beberapa ada yang sedalam 15 cm. Sejumlah kendaraan yang melintas terpaksa antre, harus bergerak pelan dan hati-hati. Padahal jalan ini termasuk jalan protokol dengan intensitas kendaraan tinggi.

Lokasi titik kerusakan di depan Halte Trans Metro Pekanbaru(TMP) ini juga mempersulit pengendara. Jika TMP berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang Maka kendaraan lain harus merapat ke sisi kanan dimana jalan lebih rusak.

Permukaan yang tidak rata juga lebih rendah dibandingkan beberapa meter sebelumnya yang telah disemenisasi. Hal ini tentu semakin membahayakan saat hujan sebab lubang-lubang tersebut tersamarkan air yang menggenang. Tidak jarang pengendara sepeda motor terperosok bahkan jatuh, "kalau hujan apalagi malam hari lebih parah. banyak honda yang masuk lubang" ujar warga setempat, Suwarso (2/3/2019).

Kondisi kerusakan ini sudah cukup lama namun tidak kunjung diperbaiki. Selepas semenisasi yang dilakukan kurang lebih setahun lalu proyek belum dilanjutkan ke titik kerusakan tersebut. Kondisi jalan malah semakin memburuk karena tergenang saat hujan. Sebagai penanda jalan rusak hanya diletakkan tumpukkan tiang dan ban agar warga hati-hati.