Harimau Sumatera dengan Dua Anakan Berkeliaran di Kebun Karet

ilustrasi-harimau.jpg
(jambiupdate.co)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor Harimau Sumatera betina (Panthera tigris sumatrae) dan dua anaknya ditemukan berkeliaran di kebun karet, Desa Tanah Datar, kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau. Temuan satwa lindung ini menjadi perhatian Balai Besar Konservasi Sumber Daya (BBKSDA) Riau.

Humas BBKSDA Riau, Dian Indrianti mengaku Tim langsung bergerak menuju lokasi Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu ketika mendapatkan laporan.

"Kami menurunkan Rescue Bidang KSDA Wilayah I Rengat yang diperintahkan untuk berangkat ke lokasi," katanya, Kamis, 28 Februari 2019

Saksi mata, Warsan mengaku langsung melarikan diri saat bertemu dengan satu ekor induk harimau tersebut.

Didahului dengan melihat dua anaknya yang bersembunyi disemak-semak di kebun karet miliknya.

"Tim mendapat laporan dari warga yang berjumpa dengan satwa. Dimana, lebih dulu melihat dua ekor anaknya bermain di kebun karetnya,"imbuhnya.

Setelah mendekat, Warsan berinisiatif melarikan diri karena muncul satu ekor induk harimau dari dalam semak dan melaporkan kejadian ini Kades Tanah Datar.

"Tim yang mendapat laporan turun ke lokasi bersama Camat Rengat Barat, Kades Tanah Datar, Babinkamtibmas Polsek Rengat Barat dan masyarakat," jelasnya.

Hasil pengecekannya mereka mengaku menemukan bekas semak, rumput rebah tempat dua ekor anak dan satu ekor induknya.

"Saat itu juga kita melakukan sosialisasi bekerja sama dengan aparat setempat untuk melakukan pemantauan dengan cara memasang camera trap. Karena beberapa hari yang lalu warga juga melihat kemunculan harimau," tutupnya.