Aktual, Independen dan Terpercaya


Anggota Dewan Yang Banyak Diam, Sebaiknya Diganti Saja

Pengamat-Politik-Unri-Adlin.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengamat politik Riau Adlin menghimbau masyarakat Riau untuk lebih cerdas lagi dalam memilih para wakil rakyatnya yang akan duduk di DPRD Provinsi Riau pada tahun 2019-2024.

Hal tersebut disampaikannya setelah mengamati kinerja anggota DPRD Riau, dimana ia hanya melihat beberapa anggota saja yang aktif dan berani bersuara.

"Kita berharap di masa yang akan datang lah, sebentar lagi pemilihan. Masyarakat pilihlah orang yang bisa bekerja, sesuai dengan tugas dewan, dan mereka harus paham dulu apa tugas dan wewenang anggota DPRD Riau," ujar Adlin, Rabu, 27 Februari 2019.

Dicontohkan Adlin, dalam masalah Karhutla anggota DPRD Riau juga gagap terhadap bencana ini sehingga tidak ada upaya antisipasi dalam proses penganggaran pencegahan bencana asap.

Selain itu, wakil rakyat yang dipilih juga harus bisa mengawasi setiap pembangunan di daerahnya, karena pengawasan adalah salah satu tugas pokok legislatif.

Ia melanjutkan, legislator yang dipilih juga harus bisa memperjuangkan Peraturan Daerah (Perda) yang sangat dibutuhkan oleh masyarakatnya, misalnya Perda tentang Karhutla seperti sekarang.

Diakuinya, legislator yang muncul di media dan berani bersuara hanya beberapa orang saja, bahkan jumlahnya hanya sebagian kecil dari jumlah 65 anggota DPRD Riau.

"Yang aktif emang itu saja, kalau bisa kedepannya banyak yang aktif daripada yang diam, yang diam itu diganti saja, dan masyarakat juga harus pintar. Jangan mau suaranya bisa diganti dengan sembako atau yang lainnya," tutupnya.