Aktual, Independen dan Terpercaya


Syamsuar Perintahkan Kirim Bantuan Obat dan Masker ke Rupat

gubri-syamsuar.jpg
(Humas)

RIAUONLINE, PEKANBARU - ‎Gubernur Riau Syamsuar telah memerintahkan jajarannya untuk segera mengirim bantuan masker dan obat-obatan ke Pulau Rupat, Bengkalis. Pulau di pesiisr Riau itu hingga hari ini diselimuti kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan. 


"Saya sudah minta Pak Sekda untuk segera siapkan dan kirim ke sana," kata Syamsuar di Pekanbaru, Senin.

‎Ratusan personel gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat setempat berjibaku melakukan pemadaman.

Selain upaya pemadaman, dia juga memastikan bantuan kesehatan segera dikirim ke Pulau terluar di Pesisir Riau tersebut.

"Agar nanti tidak meluas penyakit yang tidak diharapkan," ujarnya.

Pulau Rupat hingga hari ini terus membara. Bahkan, pagi tadi kualitas udara terus menurun hingga level berbahaya. Sebuah sekolah dasar di Pulau itu terpaksa diliburkan karena berada tidak jauh dari lokasi Karhutla serta diselimuti asap tebal.

Selain berdampak pada dunia pendidikan, kesehatan masyarakat Pulau Rupat juga terpantau terganggu. "Puskesmas kita sudah menangani beberapa pasien yang mulai batuk-batuk, flu akibat dampak asap," kata Camat Rupat, Hanafi.

Korban kabut asap juga menyerang bayi, yang harus mendapat perawat serius. Meski terus terpapar udara tidak sehat hingga berbahaya, dia mengatakan belum ada warganya yang mengungsi.