Syamsuar Minta Pemda Dirikan Posko Karhutla

Gubri1.jpg
(Humas)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar memerintahkan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota di wilayah itu untuk mendirikan Posko siaga kebakaran hutan dan lahan.

"Dalam waktu dekat kami akan turun ke seluruh kabupaten kota. Mengajak Bupati dan Wali Kota agar siapkan Posko darurat Karhutla," kata Syamsuar, Senin, 25 Februari 2019.

Posko tersebut, katanya, penting untuk didirikan mengingat saat ini sebagian wilayah Riau memasuki musim kering. Sehingga, apabila terjadi kebakaran maka penanggulangan akan lebih cepat dilakukan.

‎Lebih jauh, Syamsuar mengatakan untuk saat ini Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat tengah fokus menangani Karhutla yang terjadi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, katanya, meninjau langsung upaya pemadaman oleh tim gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, MPA dan masyarakat di Pulau pesisir Selat Malaka itu.
"Panglima sudah sampaikan, bantu transportasi dengan dua helikopter. Ada alat Damkar juga," ujar mantan Bupati Siak itu.


Selain itu, dalam upaya pemadaman di Rupat, Syamsuar menyebut TNI siap mengirim 100 personel tambahan untuk bergabung dengan tim yang ada guna memaksimalkan upaya penanggulangan.