Aktual, Independen dan Terpercaya


Secara Aklamasi, Ilham Yasir Terpilih Sebagai Ketua KPU Riau

Lima-Anggota-KPU-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ilham Muhammad Yasir secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yang dipilih oleh lima anggota lainnya, termasuk Ilham di dalamnya. Pemilihan Ilham sebagai Ketua ini dilakukan Sabtu, 23 Februari 2019, di Jakarta. 

Sebelumnya, Rabu, 20 Februari 2019, bersamaan dengan hari pelantikan Syamsuar-Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, dilakukan pelantikan  di Le Meredien, Jakarta. 

Kelima anggota KPU Riau tersebut antara lain, Ilham Muhammad Yasir, Firdaus, Nugroho Noto Susanto, Joni Suhaidi, dan Abdul Rahman. Dari kelima anggota tersebut, Nugroho Noto Susanto-lah anggota termuda, berumur 35 tahun, batas minimal jadi anggota KPU. 

"Iya benar, tadi pemilihan Ketua KPU Riau. Saya terpilih secara aklamasi, amanah dari kawan-kawan empat lainnya," kata Ilham saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID. 

 

Ilham menjelaskan, tentunya dengan amanah dan tanggungjawab harus dipikul di tengah-tengah tahapan Pemilu tinggal menghitung hari menuju hari pencoblosan.

"Tapi kami yakin dengan kerja kolektif kolegial dan sebagian besar komposisi KPU Provinsi Riau sekarang adalah penyelenggara, maka yakin kita dapat melaksanakan seluruh tahapan Pemilu hingga selesai secara baik, dan pengalaman menyelenggarakan Pilgubri kemarin dengan sangat baik," kata Ilham. 

Di akhir wawancara, mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru 2010-2013 ini mengatakan, berjalannya tahapan Pemilu hingga hari ini tentunya tidak terlepas dari peranan anggota KPU 2014-2019. "Kawan-kawan penyelenggara punya andil besar menyiapkan tahapan Pemilu 2019," pungkasnya.